3 Gelandang yang Layak Gantikan Paul Pogba di Manchester United

Oleh Okky Herman Dilaga pada 27 Sep 2018, 20:50 WIB
Diperbarui 27 Sep 2018, 20:50 WIB
Manchester United, Wolverhampton Wanderers, Premier League

Manchester - Gelandang Manchester United Paul Pogba dikabarkan berselisih dengan manajer Jose Mourinho. Hal itu semakin menguatkan indikasi Pogba akan hengkang dari Old Trafford.

Pada musim panas ini, Pogba sempat dikabarkan menjadi incaran Barcelona. Akan tetapi, kabar tersebut menguap begitu saja setelah tidak ada transaksi apapun antara kedua tim hingga bursa transfer musim panas berakhir.

Meski begitu, media-media Eropa masih sering memberitakan kabar Pogba bakal ke Barcelona. Agen Pogba, Mino Raiola, masih terus mengusahakan kepindahan Pogba ke klub raksasa Spanyol itu.

Belum habis kabar itu, Pogba kini diberitakan menjadi incaran Juventus. Kedekatan Pogba dengan Juventus yang pernah menjadi klubnya pada 2012-2016 membuat minat sang pemain semakin besar.

Akan tetapi, Manchester United hanya ingin melepas Pogba jika ada tawaran sebesar 200 juta poundsterling. Bila Pogba benar-benar pindah dalam waktu dekat, The Red Devils tentu akan kehilangan sosok gelandang kreatif di lini tengah.

Oleh karena itu, Manchester United mesti mengantisipasi kepergian Pogba dengan mengincar calon penggantinya. Berikut ini adalah tiga pemain yang tidak kalah berkualitas untuk menggantikan Pogba di Manchester United.

 

2 dari 4 halaman

1. Miralem Pjanic (Juventus)

Miralem Pjanic, Juventus vs AC Milan
Miralem Pjanic bicara soal bentrok Juventus melawan AC Milan di final Coppa Italia. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Memiliki Miralem Pjanic di dalam tim menjadi keuntungan tersendiri. Pemain didikan FC Metz itu merupakan pengatur serangan sejati sejak mengawali karier pada 2007.

Pjanic juga memiliki mentalitas bagus setelah bergabung dengan Juventus pada 2016. Pemain Bosnia-Herzegovina itu menjadi pilihan utama I Bianconeri di lini tengah.

Ada satu kelebihan Pjanic ketimbang Pogba. Pemain berusia 28 tahun itu piawai mengeksekusi bola-bola mati.

Nilai pasar: 65 juta euro (sumber: Transfermarkt)

3 dari 4 halaman

2. Saul Niguez (Atletico Madrid)

Saul Niguez
Gelandang Atletico Madrid asal Spanyol, Saul Niguez. (AFP/Patrik Stollarz)

Saul Niguez merupakan seorang gelandang sepak bola modern. Dia bisa berperan di banyak posisi, seperti bek, gelandang bertahan, gelandang menyerang, hingga sayap.

Tidak ayal, Atletico Madrid ingin mempertahankan Saul dari godaan tim-tim lain. Saul diikat kontrak jangka panjang hingga 30 Juni 2026.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin ada tawaran besar dari tim lain yang bisa meluluhkan hati Atletico Madrid untuk melepas Saul. Hal itu bisa terjadi bila pemain berusia 23 tahun itu terus menunjukkan performa meningkat dari tahun ke tahun.

Nilai pasar: 70 juta euro

4 dari 4 halaman

3. Sergej Milinkovic-Savic (Lazio)

Sergej Milinkovic-Savic
Gelandang Lazio asal Serbia, Sergej Milinkovic-Savic. (AFP/Andreas Solaro)

Muda, pekerja keras, memiliki postur tinggi merupakan gambaran singkat sosok Sergej Milinkovic-Savic. Semua kriteria tersebut merupakan kesukaan Jose Mourinho.

Milinkovic-Savic sempat masuk sebagai incaran Mourinho pada awal musim ini. Namun, Lazio menaruh harga tinggi yang membuat tim-tim peminat mundur teratur.

Kemampuannya menjadi jenderal lini tengah Lazio semakin baik. Pada musim lalu, pemain asal Serbia itu mampu mencetak 14 gol di berbagai ajang.

Bila terus menunjukkan konsistensi permainan, Milinkovic-Savic bisa menjadi pemain paling banyak diburu pada musim dingin 2019 atau musim panas 2019. Harga tinggi yang ditawarkan Lazio bisa jadi bakal dipenuhi para klub peminat Milinkovic-Savic.

Nilai pasar: 90 juta euro

Lanjutkan Membaca ↓