Sukses

Momen Tersulit David Maulana Jadi Kapten Timnas Indonesia U-16

David Maulana akan memimpin timnas Indonesia U-16 menghadapi India.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Masih berusia 16 tahun tentu tak mudah bagi seorang David Maulana mengemban tugas sebagai kapten timnas Indonesia U-16, yang saat ini tampil di Piala AFC U-16.

Mengemban tugas sebagai seorang kapten Garuda Asia, julukan timnas Indonesia U-16, membuat tugas David Maulana menjadi dua kali lebih berat dibandingkan rekan setimnya.

Selain memikirkan pertandingan, dia juga harus memompa semangat rekan-rekannya saat timnas Indonesia U-16 sedang tertinggal. Dia juga harus mengendalikan emosi untuk meredakan gesekan-gesekan yang terjadi sepanjang pertandingan.

"Kalau sudah begitu, tugas saya sebagai kapten menjadi sulit. Namun biasanya, dengan komunikasi, kerja keras, dan kekompakan kami bisa bangkit," ujar David di Kuala Lumpur, Malaysia, dikutip dari Antara.

Pemain asal Sei Rotan, Deli Serdang, Sumatera Utara, tersebut diharapkan oleh pelatih Fakhri Husaini menjadi sosok terakhir di tim yang mengeluarkan emosinya saat situasi sedang tidak menguntungkan.

"Saya tidak mungkin diam saja ketika melihat teman saya, katakanlah, dipukul. Pasti saya akan membela, tetapi dengan cara yang benar. Saya tak ingin teman-teman terpancing emosinya. Harus tetap tenang," ujar pemain tengah Timnas Indonesia U-16 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas Berat Menanti

Berikutnya, David Maulana kembali mengemban tugas berat. Dia harus memimpin rekan-rekannya menghadapi India di laga terakhir Grup C Piala U-16 Asia 2018. Dalam laga ini, Garuda Asia hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke perempat final.

Jebolan PPLP Medan ini menganggap India tim bagus dengan pemain-pemain cepat, tetapi dia yakin skuatnya bisa memenangi pertandingan.

"Saya optimistis kami bisa menang besok. Namun, kami tidak boleh terlampau percaya diri, harus tetap fokus," kata penggemar pemain terbaik FIFA tahun 2018, Luca Modric ini.

Laga Indonesia kontra India sendiri digelar pada Kamis (27/9/2018) mulai pukul 20.45 waktu Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

 

3 dari 3 halaman

Posisi Timnas Indonesia U-16

Saat ini di Grup C, Indonesia berada di puncak klasemen sementara dengan empat poin dari dua pertandingan. Di posisi kedua India menyusul dengan poin yang sama, tapi kalah selisih gol.

Adapun di peringkat ketiga dan keempat bertengger masing-masing Vietnam dan Iran yang baru mengoleksi satu poin hasil dari dua laga. (Ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.