Sukses

India Vs Timnas Indonesia U-16: Berebut Posisi Juara Grup

India dan Indonesia U-16 saling bersaing demi memperebutkan status juara Grup C.

Jakarta Timnas Indonesia U-16akan menghadapi India U-16 pada matchday terakhir Grup C Piala AFC U-16 2018, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018). Kedua tim diprediksi tampil maksimal demi memastikan status juara Grup C.

Raihan puncak klasemen akan membuat Indonesia atau India terhindar dari tim calon kuat juara, yakni Korea Selatan yang tengah memuncaki klasemen Grup D.

Saat ini timnas Indonesia U-16 mendulang empat poin dan menduduki urutan pertama klasemen sementara Grup C. Mereka hanya unggul selisih gol dari India yang menghuni peringkat kedua.

Indonesia wajib meraih kemenangan untuk memastikan satu  tempat di perempat final sebagai juara grup. Jika gagal, Garuda Nusantara berpotensi menjadi runner-up andai Vietnam menang telak atas Iran atau sebaliknya.

Itulah mengapa pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, berusaha memaksimalkan performa anak-anak asuhnya. Selain itu, Fakhri juga telah mewaspadai beberapa pemain India.

"Ada beberapa pemain yang kami waspadai seperti kapten mereka yang bernomor punggung enam, dan pemain bernomor punggung tujuh. India sering membuat sejumlah peluang berbahaya, sama seperti Vietnam," kata Fakhri.

"Namun, yang paling penting untuk laga besok adalah bagaimana bermain dengan cara kami untuk mengamankan poin agar kami bisa lolos ke babak berikutnya," ujar Fakhri.

Soal pemain yang dipersiapkan, Fakhri diprediksi bakal memainkan pemain andalannya saat timnas Indonesia U-16 bersua India, antara lain Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, David Maulana, hingga Supriadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelatih India Optimistis

Di sisi lain, Bibiano optimistis bisa mendulang kemenangan saat melawan Indonesia. Sang pelatih menganggap performa anak-anak asuhnya sudah semakin membaik sejak Piala AFC 2018 bergulir.

"Kami jadi makin baik dan membaik seiring berjalannya turnamen. Kesalahan yang terjadi saat melawan Vietnam, tak terjadi saat melawan Iran. Kami selalu bermain untuk menang dan kami akan melakukan hal sama melawan Indonesia," kata Bibiano. 

Dia menegaskan pentingnya meraih kemenangan adalah demi terhindar dari lawan berat pada fase perempat final. Bibiano juga mengaku akan fokus pada laga kontra Indonesia, tanpa memedulikan pertandingan lainnya. 

"Kami tahu posisi tim di klasemen sementara Grup C, akan lebih menguntungkan kami jika kami mendapat kemenangan dan meloloskan diri sendiri. Kami tak mau bergantung pada tim lain agar kami bisa lolos," ujar Bibiano.

Bibiano juga melihat ada kemiripan antara India dengan Indonesia. Hal itu mengacu pada dua pertandingan yang sudah dijalani di penyisihan Grup C Piala AFC U-16 2018.

"Buat Indonesia, hasil melawan Iran menjadi start positif dan hal sama terjadi pada kami saat menghadapi Vietnam. Saat melawan Iran yang butuh kemenangan, kami bisa bermain imbang dan mendapat poin."

"Tapi, sepak bola bukan dimenangi di atas kertas. Di lapangan kami sadar tantangan yang akan diberikan Indonesia dan kami siap menghadapi mereka," tegas Bibiano. 

Prediksi susunan pemain

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi; Bagas Kaffa, Fadhillah Nur Rahman, Komang Teguh, Yudha Febrian; Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, David Maulana; Amanar Abdillah, M Supriadi, Bagus Kahfi.

Pelatih: Fakhri Husaini

India U-16: Niraj Kumar; Bikash Yumnam, Gurkirat Singh, Shabas Ahammed Moothedath; Ravi Bahadur Rana, Givson Singh Moirangthem, Ricky John Shabong; Vikram Partap Singh, Bekey Oram, Ridge Melvin Demello

Pelatih: Bibiano Fernandes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.