Lawan India, Timnas U-16 Indonesia Bertekad Tampil Lebih Baik

Oleh Bogi Triyadi pada 25 Sep 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2018, 20:13 WIB
Timnas Indonesia U-16

Liputan6.com, Selangor - Pelatih timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini menyebut skuatnya akan berupaya tampil lebih baik lagi saat menghadapi India pada laga terakhir Grup C Piala AFC U-16 2018. Laga ini akan berlangsung di Stadium Sains Sukan UM Arena, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018).

Timnas U-16 Indonesia juga bertekad menghindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat ditahan Vietnam 1-1 pada Senin (24/9/2018).

"Salah satu yang perlu dievaluasi adalah serangan sayap saat menghadapi Vietnam tidak berjalan sebagaimana mestinya," kata Fakhri usai memimpin latihan di lapangan Kompleks Kemudahan Kemasyarakatan (3K) SS13, Subang Jaya, Selangor, Malaysia, Selasa (25/9/2018), seperti dikutip dari Antara.

Dia melanjutkan, Mochamad Yudha dan Amanar Abdillah di sektor sayap kiri setta kanan tidak tampil maksimal saat melawan Vietnam. Yudha merupakan seorang bek kiri. Saat melawan Vietnam, dia sengaja dinaikkan ke sayap kiri untuk menggantikan Supriadi yang masih belum fit setelah cedera.

"Meski demikian, saya merasa permainan anak-anak secara umum bagus, termasuk penguasaan bola juga baik," tutur Fakhri.

2 of 3

Kesalahan Lainnya

Timnas U-16
Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan kemenangan atas Iran pada laga Grup C Piala AFC U-16. (PSSI)

Soal kedua yang menjadi perhatian Fakhri adalah para pemainnya beberapa kali tak tepat dalam mengirimkan umpan. Situasi itu dimanfaatkan oleh Vietnam untuk menciptakan peluang-peluang berbahaya.

"Situasi berbahaya muncul dari serangan balik akibat kesalahan yang kami buat. Meski demikian, Vietnam tidak pernah bisa menembus pertahanan kami dengan serangan yang mereka bangun dari awal," tutur Fakhri.

Evaluasi ketiga yakni situasi bola mati yang menghasilkan satu gol bagi Vietnam dimenit ke-31 melalui sepakan bebas Khuat Van Khang. Fakhri pun meminta Amiruddin Bagas dan kawan-kawan untuk mewaspadai pelanggaran-pelanggaran di sekitar kotak penalti.

"Catatan-catatan itu akan kami evaluasi agar tak terulang, termasuk transisi dari menyerang ke bertahan," tutur pelatih asal Aceh tersebut.

3 of 3

Imbang

Timnas U-16 Indonesia hanya butuh satu poin dari laga melawan India untuk lolos ke perempat final. Saat ini, Indonesia di puncak klasemen sementara Grup C dengan 4 poin, sama seperti India tetapi unggul selisih gol.

Sementara di peringkat ketiga dan keempat bertengger Vietnam serta Iran yang baru mengoleksi satu poin hasil dari dua laga.

Lanjutkan Membaca ↓