Sukses

200 Peserta Ramaikan Rhino X Triathlon di Tanjung Lesung

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 200 peserta dari 7 negara dipastikan bakal mengikuti kejuaraan terbuka triathlon lintas alam bertajuk Rhino X Triathlon yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung pada 29-30 September. Ini menjadi tahun kedua Rhino X Triathlon digelar di Tanjung Lesung.

Rhino X Triathlon diselenggarakan sebagai agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung bersama sport tourism event lainnya yaitu Rhino MTB XCM (Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon).

Atlet nasional seperti Muhammad Taufik, Ady Akhmad Jukardi dan Eva Desiana, akan turut berpartisipasi dalam kejuaraan terbuka ini yang memperebutkan total hadiah sekitar Rp 250 juta.

"Rhino X Triathlon bertema sport tourism yang begitu populer dan mampu menarik wisatawan domestik sekaligus mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten," Direktur Utama PT. Banten West Java sekaligus Presiden PATA Indonesia, Poernomo Siswoprasetijo seperti rilis yang diterima media.

Rhino X Triathlon menjadi bagian dari Festival Pesona Tanjung Lesung yang sudah dimulai sejak 28 September. Kegiatan ini merupakan sinergi unsur pentahelix antara Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Pengelola KEK Tanjung Lesung PT Banten West Java serta didukung penuh dan sudah menjadi Calendar of Event Program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. ta

"Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan akan meresmikan Festival Pesona Tanjung Lesung pada hari Jumat, 28 September 2018 di Stadion Cikadu, Tanjung Lesung," kata Poernomo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Badak Dunia

Sementara itu, Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of Organizing Commitee, Rully Lasahido menjelaskan bahwa Rhino X Triathlon dan Rhino MTB XCM tahun ini begitu istimewa.

200 peserta dari 7 negara (Amerika, Belanda, Indonesia, Jepang, Perancis, Selandia Baru dan Spanyol) turut serta memperebutkan total hadiah Rp 250 juta. Kejuaraan terbuka ini juga dalam rangka perayaan World Rhino Day yang jatuh di bulan September.

Selain sejumlah atlet nasional seperti Muhammad Taufik, Adi Akhmad Jukardy dan Eva Desiana, sejumlah public figure sekaligus triatlet seperti model senior Kelly Tandiono, Khaidir Akbar dan Fajar Alexa dikabarkan akan meramaikan ajang ini.

"Penyelenggaraan Rhino X-Tri tahun ini tentu menawarkan tantangan dan keseruan lebih. Tidak seperti tahun sebelumnya, ajang cross triathlon menampilkan kategori jarak yang lebih jauh," ucap Event Director Rhino X-Tri 2018, Tense Manalu.

Rhino X Triathlon melombakan 3 kategori yaitu Eagle, kategori baru yang akan mempertandingkan nomor renang 1500 meter, balap sepeda 30 kilometer dan lari 15 kilometer. Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

Di ajang Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) akan dipertandingkan kategori-kategori; Men Elite, Women Open, Men Open dan Men Master.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.