Sukses

Rival Timnas Indonesia U-16 Siap Tempur Hadapi Piala AFC 2018

Strategi beradaptasi yang dilakukan India juga dilakukan Timnas Indonesia U-16.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - India adalah salah satu lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-16 di Grup C Piala AFC U-16 2018. Sadar masuk grup yang sulit karena ada Iran dan Vietnam, persiapan yang mereka lakukan pun cukup panjang.

India akan jadi lawan terakhir Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-16 2018, 27 September. Sebelum bertemu Indonesia, India akan terlebih dulu menghadapi Vietnam, Jumat (21/9/2018), dan Iran, Senin (24/9/2018).

Meski bukan tim dengan reputasi bagus di Piala AFC U-16, setidaknya India memiliki bekal berupa pengalaman hebat. Berstatus tuan rumah, mereka pun sempat mencicipi ajang Piala Dunia U-17 2017 meski langsung tersingkir di fase grup.

Dengan modal itu, India pun berharap bisa menciptakan kejutan di Piala AFC U-16. Keseriusan dari ambisi itu diwujudkan dengan persiapan matang yang mereka lakukan. Itu mengapa mereka sudah berangkat ke Malaysia sejak 12 hari sebelum turnamen digelar.

"Tujuan TC di Kuala Lumpur sebelum turnamen adalah untuk memberikan anak-anak perasaan soal iklim di sini. Anak-anak sudah pernah ke Malaysia sebelumnya untuk uji coba, tapi kami ingin mereka terbiasa dengan iklim sebelum turnamen," kata pelatih Bibiano Fernandes, dikutip Sportstar Live.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Grogi

Untuk beradaptasi, mereka juga menginap di hotel yang akan mereka tinggali selama beraksi di Piala AFC U-16 2018. Pasalnya, Fernandes ingin para pemainnya tak hanya beradaptasi dengan cuaca saja, tapi sampai ke soal suasana hotel.

Tujuan lain berangkat lebih dini ke Malaysia adalah agar para pemain India tak demam panggung jika datang di waktu yang berdekatan dengan turnamen. Dengan berangkat lebih dini, mereka bisa lebih matang dalam hal persiapan mental sebelum bertanding.

"Kami telah melakukan persiapan untuk kejuaraan ini dalam waktu yang lama dan sekarang itu ada di tangan. Kami tak ingin para pemain merasa grogi. Kami ingin mereka menjadi kuat dan fokus pada apa yang sudah di tangan," ungkap Fernandes.

Tak hanya India, Timnas Indonesia U-16 juga memilih untuk melakukan TC di Malaysia jauh sebelum turnamen dimulai. Bahkan, skuat Garuda Asia juga telah melakoni tiga laga uji coba. Mereka menang 4-0 atas Sime Darby U-17, 5-0 atas Felda U-17, dan 3-3 melawan Oman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.