Sukses

Indonesia Targetkan 18 Medali Emas di Asian Para Games 2018

Cabang olahraga atletik, bulu tangkis, catur, dan renang diharapkan bisa menyumbang medali emas di Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua kontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2018 Arminsyah mengatakan ada beberapa cabang olahraga unggulan yang bisa meraih medali emas. Cabang olahraga itu di antaranya atletik, bulu tangkis, catur, dan renang.

"Kita berharap di empat cabang olahraga tersebut dapat meraih medali emas pada Asian Para Games 2018, pada 6-13 Oktober nanti," kata Arminsyah di Jakarta, baru-baru ini.

Harapan Arminsyah itu berdasarkan hasil try out sejumlah cabang olahraga. Catur, misalnya, menempati peringkat dunia ke-5, 6, dan 8 dalam try out di Polandia.

Sementara itu, timnas para bulu tangkis Indonesia melebihi target pada ajang FZ Forza Irish Para Open 2018 Sport Ireland. Dari 22 partai yang dipertandingan dengan 33 negara peserta, Indonesia masuk sembilan laga final. Hasilnya, 8 medali emas, 5 perak, serta 3 perunggu diraih.

Sementara itu, pada cabang renang, Indonesia mendapatkan 3 medali emas, 5 perak, dan 8 perunggu di Berlin, Jerman. Indonesia juga punya atlet-atlet berprestasi di cabang lawn bowl. Dalam uji coba di Langkawi, Malaysia, mereka meraih 8 medali perak dan 9 medali perunggu.

Mencermati hasil try out pada beberapa cabang olahraga di beberapa negara tersebut, dia berharap Indonesia bisa meraih hasil optimal. "Target kita bisa masuk peringkat 6 atau 7 di Asian Para Games 2018 dan bisa meraih sebanyak 18 emas, 35 perak, serta 34 perunggu," ucap Arminsyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Pendukung

"Untuk mendukung itu, kita tingkatkan skill para atlet, menambah tenaga psikolog, dan tim medis pendamping serta kita perhatikan juga asupan gizi para atlet," papar Arminsyah.

"Mudah-mudahan dengan persiapan yang cukup matang, kita bisa meraih prestasi dan merebut medali emas," kata pria yang juga menjabat wakil jaksa agung.

3 dari 3 halaman

Semangat Tinggi

Amirsyah memuji semangat para atlet saat meninjau langsung latihan mereka di Solo dan Jakarta. "Saya melihat para atlet mempunyai semangat yang sangat tinggi, dan kekeluargaan antara atlet, pelatih dan tim kontingen atlet, terjalin dengan sangat baik," ujarnya. (Ant)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.