3 Pemain Terkenal yang Tersingkir dari Timnas Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Sep 2018, 09:41 WIB
Diperbarui 16 Sep 2018, 09:13 WIB
Trivia 3 Pemain yang Terlupakan dari Timnas Indonesia

Jakarta - Timnas Indonesia akan berlaga di pentas Piala AFF 2018 yang berlangsung 8 November sampai 15 Desember mendatang. Untuk meraih kesuksesan, Timnas Garuda tentu saja wajib dihuni pemain-pemain berkualitas.

Piala AFF 2018 menjadi edisi ke-12 sepanjang sejarah yang bakal diikuti Timnas Indonesia. Namun, Timnas Indonesia sejauh ini belum mampu meraih gelar pada ajang sepak bola antarnegara Asia Tenggara itu.

Aroma ketidakberuntungan memang layak disematkan di Timnas Indonesia. Sebab, prestasi terbaik Timnas Indonesia adalah runner-up. Itu terjadi pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Thailand selalu momok buat Timnas Indonesia di Piala AFF. Terhitung Timnas Indonesia tiga kali ditumbangkan Thailand pada laga final.

Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, Tim Merah-Putih layak mengumpulkan pemain-pemain berkualitas untuk Piala AFF 2018. Sejauh ini, persiapan pasukan Garuda terbilang cukup baik menuju Piala AFF.

Pada laga terakhir, Timnas Indonesia meraih kemenangan 1-0 atas Mauritius. Pada laga tersebut, sebanyak 20 pemain dipanggil. 

Uniknya, hanya tujuh pemain yang berasal dari skuat Piala AFF dua tahun lalu, yakni: Evan Dimas, Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, Rizki Pora, Hansamu Yama, Bayu Pradana, dan Fachrudin Aryanto.

Selebihnya, merupakan tim turunan dari skuat Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di Asian Games 2018. Padahal, Indonesia memiliki banyak pemain-pemain top yang secara kualitas pun layak dipanggil untuk skuat Piala AFF 2018.

Lantas, siapa saja pemain-pemain top Indonesia yang luput dari panggilan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018? Simak ulasan kami.

2 dari 4 halaman

Ferdinand Sinaga

Gelandang Timnas Indonesia, Ferdinand Sinaga termangu usai laga final kedua Piala AFF 2016 melawan Thailand di National Stadium Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12). Indonesia kalah 2-0 dan harus puas menjadi runner up. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nama Ferdinand Sinaga sempat menjadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Ketika itu, pemain berpostur 172 cm itu berperan membantu Timnas Garuda melaju ke final dan menjadi runner-up.

Namun, sejak saat itu Ferdinand Sinaga belum lagi dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Padahal, Ferdinand Sinaga merupakan pemain serba bisa yang berprofesi sebagai gelandang serang dan penyerang.

Ketajamannya pun sampai saat ini tak bisa diragukan. Bersama PSM Makassar, pemain berusia 29 tahun itu telah tampil dalam 18 pertandingan dan mencetak empat gol.

3 dari 4 halaman

Manahati Lestusen

Aksi pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen, saat melawan Thailand dalam laga leg kedua final Piala AFF di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sama seperti Ferdinand Sinaga, Manahati Lestusen juga menjadi pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Ketika itu, pemain yang berusia 24 tahun itu sukses menjadi benteng kukuh lini pertahanan Timnas Garuda.

Manahati bahkan mampu mencetak sebiji gol pada Piala AFF 2016. Namun, sampai saat ini belum ada lagi panggilan dari Timnas Indonesia untuk dirinya.

Padahal, secara penampilan Manahati Lestusen layak diberikan kesempatan. Bersama klubnya, PS Tira, musim ini Manahati Lestusen telah tampil dalam 18 pertandingan dan memborong dua gol.

4 dari 4 halaman

Abduh Lestaluhu

Aksi pemain Timnas Indonesia, M. Abduh Lestaluhu, saat melawan Thailand dalam laga leg kedua final Piala AFF di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Abduh Lestaluhu juga menjadi bagian penting dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Berprofesi sebagai bek sayap, Abduh sukses membuat para lawan frustrasi untuk melancarkan serangan ke jantung pertahanan Timnas Garuda.

Namun, Abduh Lestaluhu belum lagi dipanggil Timnas Indonesia. Padahal, secara kualitas Abduh merupakan pemain yang layak karena memiliki kecepatan dan ketangguhan fisik.

Musim ini, pemain berusia 24 tahun itu menjadi andalan di PS Tira. Abduh Lestaluhu berhasil tampil dalam 15 pertandingan di Liga 1 2018.

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Chelsea Bidik Neuer di Transfer Musim Panas Ini