Italia Tidak Lolos ke Piala Dunia 2018 karena Para Pemain Juventus?

Oleh Okky Herman Dilaga pada 13 Sep 2018, 03:34 WIB
Diperbarui 13 Sep 2018, 03:34 WIB
SSC Napoli, Juventus, Serie A
Perbesar
Ekspresi pemain Napoli, Lorenzo Insigne usai timnya kalah dari Juventus pada lanjutan Serie A Italia di San Paolo stadium, Naples, (1/12/2017). Juventus menang 1-0 atas Napoli. (Cesare Abbate/ANSA via AP)

Roma - Mantan Presiden FIGC, Carlo Tavecchio, mengungkapkan salah satu alasan kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018. Menurut Tavecchio, ada peran secara tidak langsung dari para pemain Juventus yang membela Gli Azzurri.

Tavecchio menjelaskan, para pemain Juventus tidak ingin striker Napoli, Lorenzo Insigne, tampil pada leg kedua melawan Swedia di Milan, 13 November 2017. Insigne hanya duduk di bangku cadangan pada laga yang berakhir tanpa gol itu.

"Saya tidak tahu mengapa para pemain Juventus tidak ingin Insigne bermain. Namun, ada beberapa fakta yang menguatkan hal tersebut," kata Tavecchio kepada Radio Kiss Kiss Napoli.

"Pada pertandingan itu, keputusan lebih tepat seharusnya dengan memainkan pemain berteknik (seperti Insigne). Pada akhirnya, saya menjadi orang terakhir yang bertanggung jawab. Saya mengundurkan diri karena tidak ada orang lain yang melakukannya," lanjut Tavecchio.

Pada laga tersebut, tercatat tiga pemain Juventus tampil sebagai pemain inti, yakni Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini. Adapun dua pemain I Bianconeri lain, Federico Bernardechi dan Daniele Rugani menjadi pemain cadangan.

Pelatih timnas Italia saat itu, Giampiero Ventura, dikabarkan sempat terlibat perang kata-kata dengan Daniele De Rossi. Ventura menginstruksikan De Rossi bermain, namun kapten AS Roma itu menolak karena menganggap Gli Azzurri lebih butuh pemain bertipe menyerang untuk mencetak gol.

Italia akhirnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018 karena kalah agregat 0-1 dari Swedia pada play-off zona Eropa.

Sumber: Football Italia