Sukses

Arsenal Terbukti Pakai Strategi Aneh Lawan Manchester City

Arsenal melakukan taktik yang tak lazim saat kalah dari Manchester City.

Liputan6.com, London - Pelatih Arsenal, Unai Emery, terungkap sudah menggunakan strategi aneh saat menghadapi Manchester City pada laga awal musim Liga Inggris. Taktik yang digunakannya tak lazim, tapi tak berhasil menghentikan City.

Mengalahkan Man City nyaris mustahil musim 2017/18 lalu. Hanya Liverpool dan Manchester United yang sukses mencuri tiga poin dari sang juara yang mencatatkan rekor 100 poin dalam semusim.

Tentu saja menghadapi Man City bukan tugas mudah bagi Emery yang baru menjalani musim pertamanya di Arsenal.

Arsenal akhirnya takluk dua gol tanpa balas, sambutan yang cukup kejam untuk Emery. Namun, tampaknya Emery mencoba menerapkan strategi yang cukup "nakal" di paruh waktu. Arsenal sengaja tidak membasahi lapangan saat jeda paruh waktu.

Rumornya hal ini dilakukan Arsenal untuk menghambat permainan Man City. Perawat lapangan Man City, Lee Jackson menyadari Arsenal tak membasahi lapangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aneh

Menurut Jackson, membiarkan lapangan tetap kering adalah keputusan aneh. Pada umumnya, pelatih saat ini ingin lapangan sedikit basah dan rumput yang dipotong pendek. Hal ini memungkinkan mereka untuk menerapkan taktik umpan-umpan pendek dengan lebih baik karena berdampak pada aliran bola di lapangan.

"Setelah 20 tahun di bawah pelatih yang sama, mereka (Arsenal) tidak membasahi lapangan sebelum pertandingan atau saat paruh waktu, itu sangat tidak biasa," jelas Jackson di express.

"Untungnya hal itu tidak membantu mereka."

Man City cukup beruntung karena Jackson sengaja meneliti lapangan sebelum laga dimulai dan memberi tahu Guardiola soal kondisi rumput tersebut. Guardiola pun menyambungkan informasi ini kepada pemainnya dan meminta mereka untuk beradaptasi.

3 dari 3 halaman

Detail Pep

Lebih lanjut, Jackson juga menjelaskan bagaimana Pep Guardiola bekerja di Man City. Guardiola adalah pelatih yang sangat detail memperhatikan segalanya. Jackson menyebut Guardiola selalu mengecek kondisi rumput sebelum memulai latihan.

"Kebanyakan pelatih saat ini ingin lapangan yang basah dan rumput pendek supaya bola bisa mengalir lebih cepat, mereka mengatakan itu."

"Lapangan adalah tempat pekerjaan terakhir mereka dilakukan, jadi jika ada yang tak benar, kami (perawat lapangan) mendengarkan mereka," imbuhnya.

"Perhatian Pep terhadap hal-hal detail luar biasa, sesuatu yang belum pernah kami alami sebelumnya. Jika Pep ingin lapangan lebih basah, atau rumput sedikit lebih pendek, itu karena alasan tertentu."

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris