Rusia Dukung Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 07 Sep 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Sep 2018, 08:13 WIB
Kembang Api Hiasi Upacara Penutupan Asian Games 2018

Jakarta - Duta besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, terkesan dengan keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018. Menurut dia, prestasi ini bisa menjadi tolok ukur buat Indonesia untuk menggelar event sekelas Olimpiade 2032.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 mendapatkan pujian dari internasional. Indonesia dianggap berhasil menggelar Asian Games ke-18 tersebut dengan lancar sejak pembukaan sampai penutupan.

Tak hanya sukses penyelenggaraan, Indonesia juga bisa berhasil mencetak sejarah dalam bidang prestasi. Kontingen Indonesia menghuni peringkat keempat pada klasemen akhir dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

"Selamat untuk kesuksesan Asian Games dan semioga pencapaian ini bisa menjadi bekal buat Indonesia di Olimpiade Tokyo nanti," kata Lyudmila Vorobieva.

"Melihat kesuksesan ini, kami berharap Indonesia bisa berhasil dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032," tegas Lyudmila Vorobieva.

Rusia dan Indonesia memang dikenal memiliki kedekatan khusus. Seperti diketahui, negara Beruang Merah itu punya peran penting di balik pembangunan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, upaya Indonesia diyakini tak akan mudah. Indonesia bakal bersaing dengan India, Australia, dan China yang juga siap mengajukan diri.