Sukses

Striker Barcelona Keluhkan Penggunaan VAR

Striker Barcelona mengkritik penggunaan VAR di Liga Spanyol

Liputan6.com, Jakarta Penyerang Barcelona Luis Suarez menyebut penggunaan Video Asisten Wasit (VAR) di Liga Spanyol musim ini, mengganggu alur alami permainan. Ia lebih memilih penggunaan teknologi garis gawang.

Suarez menyumbang gol saat Barcelona pesta gol 8-2 atas Huesca pekan lalu. Awalnya, golnya tidak disahkan karena offside, namun kemudian dinyatakan sah setelah wasit berkonsultasi dengan VAR.

Hal itu membuat pemain Uruguay tersebut tidak yakin dengan sistem itu. "VAR mengganggu perayaan-perayaan," kata Suarez.

"Para pemain bertahan sekarang meminta sesuatu sepanjang waktu. Saya akan lebih memilih teknologi garis gawang. Dengan VAR, permainan dapat kehilangan sifat alaminya," tambahnya.

"Mungkin permainan dimulai dengan handball yang tidak disengaja, Anda melakukan serangan balik dan mencetak gol, kemudian mereka meninjau permainan dan tidak mengesahkannya," kata bintang Barcelona ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Garis Gawang

Bersama Liga Italia dan Liga Jerman, Spanyol turut mengimplementasikan VAR setelah tidak menggunakan teknologi yang ada pada musim lalu, ketika gol Suarez saat melawan Valencia tidak disahkan meski tayangan televisi memperlihatkan bahwa bola telah melewati garis gawang.

Liga Inggris telah menggunakan teknologi garis gawang sejak 2013 namun masih belum menerapkan VAR, yang mendapat pujian banyak pihak ketika digunakan di Piala Dunia 2018.

3 dari 3 halaman

Perlu Adaptasi

Suarez (31) mencetak gol untuk pertama kalinya dalam lima pertandingan di semua kompetisi saat timnya menang atas Huesca pada Minggu, dan ia mengakui bahwa dirinya perlu beradaptasi lebih banyak di lapangan untuk dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Di atas semuanya, ia menyesal bermain pada pertandingan Liga Spanyol melawan Leganes pada musim lalu, tiga hari sebelum pertandingan perempat final Liga Champions di markas AS Roma, di mana Barcelona menelan kekalahan 0-3 sehingga tersingkir berkat peraturan gol tandang setelah menang 4-1 di kandang sendiri.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Liga Spanyol