Sukses

Asian Games Sukses, Atlet Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Setelah membuat Asian Games 2018 berjalan sukses, Indonesia optimistis mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

 

Liputan6.com, Jakarta Atlet-atlet yang berlaga di Asian Games 2018 optimistis Indonesia mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Mereka juga mendukung upaya untuk mewujudkan mimpi itu. 

Wacana menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 sempat terlontar dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat menerima rombongan, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Istana Kepresidenan, Bogor, beberapa waktu lalu. 

Dalam pertemuan yang berlangsung selama sejam itu, Preisiden Jokowi, menyampaikan kalau pengalaman menggelar Asian Games 2018 membuatnya percaya Indonesia juga mampu menggelar hajatan yang lebih besar, seperti Olimpiade 2032.  

Menurut penilaian Bach, Indonesia adalah tuan rumah yang sukses menggelar Asian Games 2018. Ia juga mengapresiasi kerja keras semua pihak, terutama dari pemerintah dan relawan yang tak hentinya membantu menyukseskan Asian Games.

Karenanya, ia pun ikut mendukung pernyataan Presiden RI Joko Widodo yang menegaskan bahwa Indonesia akan mengikuti proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Kini, giliran para peraih emas Indonesia di Asian Games 2018 yang memberikan dukungannya.

Meski tingkat kesulitan jadi tuan rumah Olimpiade 2032 akan jauh lebih besar dibandingkan Asian Games 2018, deretan atlet ini yakin bahwa Indonesia akan bisa mendapatkan kepercayaan itu. Semua berkaca dari kesuksesan yang telah terjadi di Asian Games 2018.

"Itu bagus. Apalagi acara Asian Games ini kan sukses juga. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi dalam segi penyelenggaraannya," kata Tiara Andini Prastika, peraih emas downhill putri, kepada Liputan6.com, di Studio 5 Indosiar, beberapa hari lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan 2 Pesilat

Dukungan juga datang dari peraih medali emas Pencak Silat nomor tarung putri, Pipiet Kamelia. Apalagi, jadi tuan rumah Olimpiade 2032 bisa memberikan kesempatan agar Pencak Silat juga dimainkan di tingkat Olimpiade.

"Itu kesempatan yang baik untuk yang akan datang. Sepertinya saya juga tidak mungkin (masih) turun karena faktor usia. Saya percaya pemerintah akan berjuang agar pencak silat bisa dimainkan," jelas Pipiet.

Begitu pula dengan rekan seperjuangan Pipiet, yakni Yolla Primadona. Yolla sendiri adalah peraih emas nomor seni ganda putra bersama Hendy. Dengan kemeriahan yang tercipta pada opening ceremony, Yolla pun optimistis dengan peluang Indonesia.

"Saya harus bilang optimistis karena pembukaan dan penutupan viral di dunia. Orang-orang semua tahu apa yang kita kerjakan di sini. Saya berterima kasih kepada Bapak Wishnutama beserta jajarannya, Bapak Erick Thohir. Saya tidak bisa bicara panjang lebar. Bagi saya itu sangat membanggakan," timpal Yolla.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.