Filipina Puas Hanya Finis Posisi Ke-19 di Asian Games 2018

Oleh Adyaksa Vidi pada 04 Sep 2018, 19:30 WIB
Aksi Kontingen Berbagai Negara di Pembukaan Asian Games 2018

Liputan6.com, Manila - Filipina sangat puas dengan pencapaian mereka di Asian Games 2018. Meski hanya finis pada posisi ke-19, namun mereka menilai para atlet mengalami peningkatan prestasi.

Pada Asian Games kali ini Filipina mampu mengoleksi 21 medali. Rinciannya mereka meraih empat medali emas, dua perak, dan 15 perunggu.

Posisi mereka hanya kalah tipis dari dua negara Asia Tenggara lainnya yakni Singapura dan Vietnam. Punya koleksi emas yang sama, Singapura dan Vietnam punya lebih banyak medali perak dan perunggu ketimbang Filipina.

"Dari semua indikator, Asian Games 2018 terbilang sukses untuk Filipina. Perolehan medali bertambah, malah khusus emas jumlahnya tiga kali lipat dari sebelumnya," kata Ketua Komite Olahraga Filipina, Ricky Vargas seperti dilansir Inquirer.

"Target kami sebenarnya finis di posisi ke-15. Namun saya pikir bisa finis di posisi ke-19 tidak masalah," katanya menambahkan.

 

 

2 of 3

Banyak PR

Momen Menarik Asian Games 2018
Pebasket Filipina, Christopher Tiu, berusaha melewati pebasket Kazakhstan, Shaim Zuanov, pada laga Asian Games di Hall Basket, GBK, Jakarta, Kamis (16/8/2018). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Meski demikian Vargas menyebut kontingen Filipina tidak boleh berpuas diri dengan hasil ini. Terlebih dalam beberapa cabor seperti atletik dan renang, Filipina sama sekali tidak meraih medali.

"Ya, masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan," ujar Vargas.

3 of 3

Target SEA Games

Yuk, Intip Deretan Atlet Cantik di Asian Games 2018
Atlet voli Filipina, Alyja Daphne Santiago menyambut bola saat bertanding melawan Kazakhstan di Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (31/8). (AFP PHOTO/AAMIR QURESHI)

Tahun depan Filipina akan menjadi tuan rumah SEA Games. Namun Vargas tak mau memasang target terlalu muluk.

"Jujur saja sangat sulit jika ingin menjadi juara umum. Kami hanya menargetkan masuk posisi tiga besar," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓