Sukses

Filipina Puas Hanya Finis Posisi Ke-19 di Asian Games 2018

Filipina memperbaiki prestasi pada Asian Games 2018.

Liputan6.com, Manila - Filipina sangat puas dengan pencapaian mereka di Asian Games 2018. Meski hanya finis pada posisi ke-19, namun mereka menilai para atlet mengalami peningkatan prestasi.

Pada Asian Games kali ini Filipina mampu mengoleksi 21 medali. Rinciannya mereka meraih empat medali emas, dua perak, dan 15 perunggu.

Posisi mereka hanya kalah tipis dari dua negara Asia Tenggara lainnya yakni Singapura dan Vietnam. Punya koleksi emas yang sama, Singapura dan Vietnam punya lebih banyak medali perak dan perunggu ketimbang Filipina.

"Dari semua indikator, Asian Games 2018 terbilang sukses untuk Filipina. Perolehan medali bertambah, malah khusus emas jumlahnya tiga kali lipat dari sebelumnya," kata Ketua Komite Olahraga Filipina, Ricky Vargas seperti dilansir Inquirer.

"Target kami sebenarnya finis di posisi ke-15. Namun saya pikir bisa finis di posisi ke-19 tidak masalah," katanya menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak PR

Meski demikian Vargas menyebut kontingen Filipina tidak boleh berpuas diri dengan hasil ini. Terlebih dalam beberapa cabor seperti atletik dan renang, Filipina sama sekali tidak meraih medali.

"Ya, masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan," ujar Vargas.

3 dari 3 halaman

Target SEA Games

Tahun depan Filipina akan menjadi tuan rumah SEA Games. Namun Vargas tak mau memasang target terlalu muluk.

"Jujur saja sangat sulit jika ingin menjadi juara umum. Kami hanya menargetkan masuk posisi tiga besar," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.