Messi Kalah dari Ronaldo, Modric dan Salah

Oleh Aditya Wicaksono pada 04 Sep 2018, 01:31 WIB
Barcelona v SD Huesca

- Lionel Messi absen dari daftar kandidat pemain terbaik dunia versi FIFA untuk edisi 2018. Messi tidak terpilih setelah kalah dari Cristiano Ronaldo, Luka Modric dan Mohamed Salah.

Kualitas Messi sebagai pesepak bola tidak dapat diragukan. Messi adalah pemain terbaik dunia dan selalu memperebutkan status tersebut bersama Cristiano Ronaldo.

Namun, minimnya prestasi klub dan negaranya pada musim 2017-18, membuat Messi terbuang dari daftar tiga besar kandidat peraih pemain terbaik dunia. Pada musim tersebut, Messi hanya meraih gelar domestik bersama Barcelona.

Untuk level internasional, performa Argentina lebih mengecewakan. Pada Piala Dunia 2018, Argentina susah payah melaju ke babak 16 besar. Bahkan, Argentina hampir tidak ikut serta setelah terpuruk pada babak kualifikasi.

Hal tersebut membuat Lionel Messi harus merelakan namanya tidak ada dalam daftar kandidat peraih gelar pemain terbaik FIFA untuk kali pertama sejak masuk nominasi pada 2007. Pada 2018, daftar tiga besarnya adalah Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah dan Luka Modric.

Cristiano Ronaldo berjaya di level klub setelah mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun. Hal yang sama juga diraih Luka Modric. Bedanya, pemain Kroasia tersebut juga meraih prestasi bersama negaranya, Kroasia, setelah menjadi finalis Piala Dunia 2018.

Mohamed Salah dianggap menjadi pemain sensasional pada musim 2017-18. Ia mengantarkan Liverpool menjadi finalis Liga Champions, namun gagal menjadi juara setelah kalah dari Real Madrid pada laga puncak.

Sumber: Sports Mole