Sukses

Buka Baju di Lapangan, Petenis Wanita Sempat Dianggap Langgar Aturan

Keputusan Alize Cronet membetulkan letak pakaiannya di lapangan pada US Open sempat menimbulkan polemik.

Liputan6.com, Jakarta Penyengglara US Open akhirnya meminta maaf kepada petenis Alize Cornet. Sebelumnya, WTA menganggap Cornet melanggar aturan karena berganti pakaian di sela-sela pertandingan melawan Johanna Larsson pada ronde pertama US Open, belum lama ini.

Insiden berawal, ketika Cornet mengganti pakaian yang basah oleh keringat saat jeda antara set kedua dan ketiga. Saat kembali ke lapangan, Cornet sadar ternyata posisi bajunya terbalik. Tidak ingin membuang waktu, dia lalu membukanya dan membetulkan letaknya.  

Melihat ini, wasit Christian Rask, mengganjar Cornet dengan pelanggaran kode disipin. Cornet tampak kaget, karena merasa tidak melakukan kesalahan apapun saat itu. 

Cornet akhirnya kalah. Dia menyerah 6-4, 3-6, 2-6 kepada Johann Larsson. Namun drama ternyata belum berakhir, karena sanksi yang dijatuhkan kepadanya menimbulkan polemik. 

Banyak pihak yang mengkritik keputusan wasit. Sebab selama ini, petenis putra tidak pernah mendapat sanksi bila berganti baju di lapangan. Keputusan itu pun dianggap sebagai bentuk diskriminasi terhadap seseorang berdasarkan jenis kelaminnya atau seksime.   

"Aturan ini sudah ketinggalan zaman dan tidak praktis," tulis Billie Jean King di Twitter.

"Alize Cornet kembali ke lapangan setelah 10 menit istirahat dari cuaca panas. Dia lalu mengenakan baju baru, tapi dengan posisi terbalik. Dia balik badan dan membetulkan letaknya, lalu dianggap melanggar kode. Tidak seperti olahragawan pria. Mereka bisa membuka bajunya di lapangan," tulis mantan petensi ternama asal Inggris, Judy Murray. 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Maaf

Penyelenggara US Open akhirnya mengklarifikasi insiden tersebut. Mereka meminta maaf kepada Cornet dan menyatakan tidak akan menghukum pemain asal Prancis tersebut. 

"Setiap pemain bisa mengganti pakaiannya ketika duduk di bangku pemain. Ini tidak tergolong pelanggaran kode," tulis penyelenggara US Open.

"Kami menyesalkan pelanggaran kode yang diberikan kepada nyonya Cornet. Kami mengklarifikasi kalau kerbijakan seperti itu tidak akan terjadi ke depannya. Beruntung, dia hanya mendapat peringatan dan tidak ada penalti atau denda," tulis penyelenggara.

"Petenis putri, jika perlu dan memungkinkan, bisa ganti pakaian di tempat yang lebih pribadi, dekat lapangan. Mereka tidak dianggap istirahat ke kamar mandi dalam keadaan ini."

3 dari 3 halaman

Bukan Aturan WTA

Organisasi Tenis Dunia (WTA) juga ternyata tidak menyetujui aturan tersebut. Mereka bahkan menganggap penyelenggara telah semena-mena terhadap Cornet. Meski demikian, WTA menyambut bagi langkah penyelenggara yang telah meralat keputusan mereka. 

"Pelanggaran kode yang diberikan USTA kepada Alize Cornet di ronde pertama US Open tidak adil dan tidak berdasar aturan WTA dan WTA tidak pernah membuat aturan yang melarang mengganti baju di lapangan," bunyi pernyataan resmi WTA.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.