Sukses

Puspa Sumbang Emas ke-13 Asian Games 2018 bagi Indonesia

Puspa Arumsari menambah pundi medali tuan rumah di Asian Games 2018 lewat cabang pencak silat.

Liputan6.com, Jakarta Koleksi emas Indonesia pada Asian Games 2018 kembali bertambah. Puspa Arumsari menambah pundi medali tuan rumah lewat cabang olah raga pencak silat nomor seni tunggal putri.

Tampil di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8/2018), Puspa mampu meraih total poin 467. Ia mengungguli pesilat Singapura, Mohammad Yazid, dan pesilat Filipina, Cherry May. 

Puspa memang menjadi andalan Indonesia di Asian Games 2018. Maklum ia telah melakukan persiapan selama tiga tahun untuk menghadapi Asian Games 2018.

Tak hanya di dalam negeri, Puspa bersama pesilat timnas Indonesia lain juga melakukan try out ke luar negeri. Di antaranya ke Thailand, Vietnam, dan Belgia.

Puspa menjadi satu dari delapan pesilat Indonesia yang lolos final Asian Games 2018. Dua emas menjadi target silat dalam Asian Games 2018.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kado HUT RI

Puspa mempersembahkan emasnya untuk bangsa Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-73 pada 17 Agustus lalu. Selain itu, pesilat berusia 25 tahun itu juga berterima kasih kepada keluarganya yang selalu mendukung kariernya di pencak silat Asian Games 2018.

"Luar biasa senang. Suatu kebanggaan. Ini hadiah untuk diri saya, orang tua, dan bangsa Indonesia, apalagi baru ulang tahun juga. Ini kado pertama pencak silat untuk kalian semua," ujar Puspa usai pengalungan medali.

 

 

3 dari 3 halaman

Berserah Diri

Dominan di partai final, Puspa mengaku tidak banyak mengalami rintangan. Selama tampil, Puspa berserah diri kepada Tuhan.

"Alhamdulillah tidak terlalu banyak kesulitan. Saya ikhlaskan semuanya, saya serahkan semuanya ke Allah SWT. Alhamdulillah nikmat sangat luar biasa," kata Puspa.

Puspa ternyata tidak main-main mempersiapkan diri di Asian Games 2018. Apalagi, untuk pertama kalinya pencak silat dipertandingkan di perhelatan multi cabang itu.

"Untuk Asian Games 2018, (persiapan) 3-4 tahun," ujarnya.

Usai Puspa menggigit medali emas, Indonesia masih punya peluang meraih 13 emas lainnya di pencak silat. Hari ini, ada delapan nomor yang dipertandingkan dan Indonesia mengirimkan wakilnya di setiap nomor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.