Sukses

Tenis Ganda Campuran Sumbang Emas ke-10 Indonesia di Asian Games 2018

Indonesia merebut medali emas Asian Games pertama dari cabor tenis sejak 2002.

Liputan6.com, Jakarta Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi merebut medali emas ganda campuran tenis Asian Games 2018. Mereka meraihnya setelah mengalahkan Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum 6-4, 7-5, 10-7 pada final di lapangan tenis JSC, Palembang, Sabtu (25/8/2018).

Ini adalah emas pertama cabor tenis bagi Indonesia sejak Asian Games 2002. Ketika itu regu putri yang menempati podium pertama.

Christopher/Aldila juga mengikuti jejak Yayuk Basuki/Hary Suharyadi (1990) sebagai ganda campuran Indonesia yang merebut emas Asian Games.

Kemenangan ini juga mengobati kegagalan Christopher/Aldila di nomor lain. Berpasangan dengan Justin Barki, Christopher langsung tersisih di babak dua ganda putra.

Sedangkan Aldila melangkah hingga perempat final tunggal putri Asian Games 2018. 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Christopher/Aldila mematahkan servis Ratiwatana/Luksika di gim ketiga dan kelima untuk mendominasi set pertama. Penampilan agresif Christopher di depan net menjadi kunci kesuksesan pasangan Indonesia. Sementara Aldila bermain stabil di baseline.

Ratiwatana/Luksika sempat memberi perlawanan dengan merebut dua gim berikutnya. Namun, kedua pasangan kemudian merebut masing-masing gim dan Christopher/Aldila merebut set pertama.

Christopher/Aldila menjaga momentum dan memenangkan dua gim pertama. Meski begitu, Ratiwatana/Luksika berhasil membalikkan kedudukan 3-2. 

Luksika kemudian mendapat perawatan karena bola mengenai mata. Walau dalam keadaan begitu, pasangan Thailand mampu memperlebar keunggulan.

Dalam kedudukan 5-3 dan 40-30, Ratiwatana/Luksika tidak mampu mengamankan kemenangan. Christopher/Aldila sukses menyamakan skor 5-5. 

Sayang, perjuangan itu berakhir sia-sia karena duo Thailand mengamankan dua gim berikutnya. 

3 dari 3 halaman

Set Penentu

 

Di set penentu, Christopher/Aldila memimpin 3-0, 5-2, 7-4. Namun, Ratiwatana/Luksika mampu menyamakan kedudukan 7-7.

Dalam kondisi tertekan, Christopher memenangkan dua poin tambahan sebelum Aldila memastikan kemenangan Indonesia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.