Sukses

Presiden Jokowi Banggakan Prestasi Timnas U-16

Presiden Jokowi gaungkan prestasi Timnas U-16 saat pidato kenegaraaan di gedung DPR/MPR/DPD.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di depan DPR dan MPR pada Kamis (16/8/2018). Pidato yang mengungkap segala sektor pembangunan ini juga menyinggung soal Timnas U-16.

Dalam salah satu bagian pidatonya, Jokowi mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi Timnas U-16 yang berhasil menjadi juara AFF U-16 di Sidoarjo, 11 Agustus lalu. Timnas U-16 disebutnya sebagai aset masa depan yang bisa jadi harapan bangsa.

"Tim yang masih berusia 16 tahun ke bawah ini adalah masa depan sepak bola Indonesia, mereka adalah masa depan Indonesia," kata Jokowi.

"Benih-benih harapan untuk kejayaan bangsa Indonesia dari hari ke hari semakin bersemai. Putra-putri Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di pentas dunia semakin banyak," katanya.

Semua prestasi yang diraih anak muda Indonesia termasuk Timnas U-16, kata Jokowi harus dijaga dan didukung dengan ekosistem yang kondusif.

"Ini agar mereka bisa lebih berkontribusi untuk Indonesia maju," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fenomenal

Prestasi Timnas U-16 di AFF U-16 kemarin memang fenomenal. Ini sekaligus menghapus dahaya pecinta sepak bola nasional yang rindu status juara.

Indonesia terakhir kali merasakan status juara saat Timnas U-19 di bawah arahan Indra Sjafri menjadi juara AFF U-19. Saat itu, AFF U-19 juga berlangsung di Gelora Delta, Sidoarjo.

Sempurna adalah kata yang tepat untuk menggambarkan penampilan Timnas U-16 di Piala AFF U-16. Tak ada satu pun lawan yang mampu membuat skuat Garuda Asia tertunduk mengakhiri laga dengan kepala tertunduk.

Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja dibuat tak berkutik di fase grup. Lalu, ada Malaysia yang gagal saat mencoba menghadang mereka di semifinal. Terakhir, Thailand pun dibuat menangis usai kalah dari Timnas U-16 lewat adu penalti.

Kesuksesan di Piala AFF U-16 pun jadi modal bagi Timnas U-16 untuk menatap target yang lebih besar. Ya, tim besutan Fakhri Husaini itu akan berlaga di Piala Asia U-16 pada 20 September-7 Oktober 2018.

3 dari 3 halaman

  Bidik Piala Dunia

Target Timnas U-16 di Piala Asia U-16 adalah menembus semifinal. Jika mampu direalisasikan, secara otomatis Timnas U-16 berhak tampil di Piala Dunia U-17 2019 yang berlangsung di Peru, 5-27 Oktober 2018. Finis di empat besar Piala Asia U-16 jadi syarat mutlak.

"Pastinya PSSI terus memberikan mereka motivasi. AFF, AFC, dan Piala Dunia. Itu sasaran kami," ujar Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.