Sukses

Final Piala AFF: Pelatih Timnas U-16 Waspadai Efektivitas Thailand

Timnas U-16 tak mau meremehkan kekuatan Thailand di final Piala AFF U-16.

Liputan6.com, Sidoarjo - Berbagai faktor membuat Timnas U-16 sedikit lebih diunggulkan dibandingkan Thailand pada final Piala AFF U-16 2018. Namun, hal itu tak membuat pelatih Fakhri Husaini jemawa bisa menaklukkan Thailand.

Berdasarkan statistik, Timnas U-16 memang lebih hebat dari Thailand. Itu yang membuat mereka lebih dijagokan saat bentrok di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018). Statistik itu sendiri diambil dari penampilan sejak fase grup.

Laju Timnas U-16 memang terlihat lebih mulus. Mereka menyapu bersih lima laga dengan kemenangan. Timnas U-16 juga melesakkan 21 gol dan hanya kebobolan tiga gol. Berbeda dengan Thailand yang gagal meraih hasil sempurna di fase grup.

Di Grup B, hanya tiga kemenangan yang didapat Thailand dari empat pertandingan. Mereka gagal meraup poin penuh saat ditahan Laos 0-0. Di semifinal, mereka menang 1-0 atas Myanmar dan Timnas U-16 mengatasi Malaysia 1-0.

"Kami sudah bertemu dengan Thailand sebelumnya. Kami juga sudah mengintip mereka bertanding dan menganalisa permainan mereka. Saya melihat materi pemain yang mereka bawa juga tidak benyak berubah. Seperti saat di kualifikasi Piala AFC U-16 tahun lalu di Thailand," ujar Fakhri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Cerdas

Ya, Timnas U-16 dan Thailand memang sempat bertemu pada kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Saat itu, rapor Timnas U-16 juga lebih bagus dari Thailand. Ketika kedua tim bertemu, Timnas U-16 yang menang 1-0 berkat Amanar Abdillah.

"Thailand tim kuat meski dengan pelatih baru saat ini. Mereka adalah tim yang bisa bermain tenang dan cerdas dalam memanfaatkan peluang sekecil apapun. Kami mengantisipasi semua hal itu," papar Fakhri.

Jika tampil sebagai juara, ini adalah momen perdana untuk Timnas U-16. Sebelumnya, pencapaian terbaik mereka hanya jadi runner-up pada edisi 2013. Gelar juara juga akan jadi modal bagus menuju Piala Asia U-16 di Malaysia, 20 September-7 Oktober 2018.

3 dari 3 halaman

Jadwal AFF U-16

Peringkat Ketiga

15.30 WIB: Myanmar vs Malaysia

Final

19.00 WIB: Thailand vs Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.