Sukses

Ketua Wasi Tri Suswati Cek Persiapan Terakhir Penyelaman Massal Rekor MURI

Penyelaman Massal Rekor MURI berlangsung di Pantai Manado, Mega Mas, Sabtu (11/8/2018).

Liputan6.com, Manado - Persiapan acara rekor MURI penyelaman massal wanita dan pengibaran bendera di dalam laut telah memasuki tahap akhir. Acara yang digelar oleh Wanita Selam Indonesia (Wasi) ini bakal berlangsung di Pantai Manado, Mega Mas, Sabtu (11/8/2018).

Rencananya, sebanyak 908 penyelam wanita akan ambil bagian pada kegiatan ini. Selain penyelaman massal untuk Rekor MURI dan pengibaran bendera, acara ini juga akan dimeriahkan berbagai hiburan lainnya.

Acara Gladi Bersih berlangsung, Jumat (10/11/2018). Sebanyak 80 peserta dan Ketua Umum Wasi, Tri Suswati Tito Karnavian menyelam untuk melakukan persiapan terakhir sebelum hari H.

Pantauan Liputan6.com, lokasi penyelaman telah diberikan tanda menggunakan buoy dan bendera. Tangga yang digunakan para peserta untuk entry juga sudah terpasang Acara Gladi Bersih berlangsung sejak pukul 07.30 hingga pukul 09.30 WIB.

Setelah Gladi Bersih untuk penyelaman massal Rekor MURI, Tri Suswati kembali menyelam ditemani wartawan dan sejumlah penyelam lain. Pada kesempatan ini, istri Kapolri Tito Karnavian itu mengecek perlengkapan dan tali-tali penanda di dalam laut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Baru

Pantauan Liputan6.com, lokasi penyelaman massal telah dipasangi tali sebagai penanda lokasi bagi para peserta penyelaman massal dan pengibaran bendera Merah Putih terpanjang di dalam laut Indonesia.

Penyelaman bakal berlangsung di dasar laut pada kedalaman 5-8 meter dan tidak berkarang. Dasar yang berpasir bakal menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta yang ikut ambil bagian.

"Ini merupakan rekor baru yang ingin kita ciptakan. Sebelumnya pernah ada rekor penyelaman terbanyak dengan jumlah peserta 2.500 lebih. Tapi saat itu campuran putra dan putri," kata Tri Suwati usai penyelaman.

3 dari 3 halaman

Semuanya Wanita

"Sekarang peyelam kita wanita semua. Dan jumlahnya sudah hampir sepertiga yang sebelumnya. Jadi ini rekor baru yang akan kita ciptakan," ujar Tri Suswati menambahkan.

Di darat, persiapan acara juga masih berlangsung . Tenda Merah Putih sudah terpasang, sementara panggung utama masih dalam pengerjaan. Dan demi kelancaran acara, panitia mensterilkan arus lalu lintas di sekitar lokasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.