Sukses

Kalah dari Timnas Indonesia U-16, Malaysia: Pemain Kami Kelelahan

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Thailand di final Piala AFF U-16.

Liputan6.com, Sidoarjo - Malaysia gagal menghentikan langkah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018. Bertanding pada laga semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018), Malaysia menyerah 0-1 dari Timnas U-16.

Kerja keras Malaysia hingga melaju ke semifinal AFF U-16 harus terbuang sia-sia akibat kehebatan Timnas Indonesia U-16. Padahal, anak asuh Raja Azlan Shah Raja So’ib itu sudah bersusah payah untuk sampai di semifinal.

Tergabung di Grup B bersama Thailand, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam, mereka pun harus menjalani laga yang cukup berat. Bahkan, petualangan awal mereka berakhir dengan kekalahan 1-2 dari Thailand. Untungnya, mereka mampu bangkit hingga mampu mempecundangi Brunei 6-1 dan Singapura 4-0. Pada duel hidup mati melawan Laos, mereka menang 1-0.

Namun, keberuntungan tak lagi memihak kepada Malaysia saat bersua dengan Timnas Indonesia U-16. Penalti Amiruddin Bagus Kahfi di menit ke-72 sudah cukup untuk mendepak tim Negeri Jiran itu dalam perjalanan menuju final AFF U-16.

"Pertandingan sulit dan tangguh. Kami sudah bertahan dengan baik dari serangan Indonesia yang sangat bagus. Mengenai gol penalti, saya rasa pemain kita sudah letih karena terus menerus digempur lawan, ada kesalahan komunikasi antara pemain belakang dan kiper kami. Tapi saya salut dengan daya juang para pemain kami," kata Azlan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minim Komunikasi

Hasil itu pun membuat Malaysia U-16 gagal mengikuti jejak seniornya di level U-19. Pasalnya, skuat U-19 mereka mampu menggondol gelar juara Piala AFF U-19 usai menaklukkan Myanmar 4-3. Kini, mereka hanya bisa memperebutkan peringkat ketiga dengan melawan Myanmar.

Sedangkan Timnas Indonesia U-16 kini berpeluang meraih trofi juara perdana di AFF U-16. Sebelumnya, pencapaian terbaik Timnas U-16 adalah jadi runner-up pada edisi 2013. Namun, mereka harus terlebih dulu melewati hadangan Thailand pada final di Gelora Delta, Sabtu (11/8/2018).

"Anak-anak tidak takut dan mereka memainkan permainan yang seperti biasanya. Hanya satu kesalahan dengan kurangnya komunikasi antara penjaga gawang dan para pemain belakang yang menghasilkan gol," Azlan menegaskan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final Piala AFF U-16

Jadwal final Piala AFF U-16 2018

Thailand vs Timnas Indonesia U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pukul 19.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.