Johann Zarco Percaya Diri Hadapi MotoGP Austria

Oleh Yus Mei Sawitri pada 07 Agu 2018, 21:35 WIB
Diperbarui 07 Agu 2018, 21:35 WIB
Johann Zarco
Perbesar
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. (AFP/Javier Soriano)

- Johann Zarco mengaku kalau kepercayaan dirinya kembali meningkat setelah mencatatkan hasil positif pada tes MotoGP Ceska. Pembalap Yamaha Tech 3 itu sedang mendapat sorotan setelah performanya menurun.

Titik balik penampilan Zarco terjadi ketika gagal finis pada MotoGP Prancis padahal start dari pole. Setelah itu, kinerjanya makin tak meyakinkan.  Setelah jeda musim panas selama tiga pekan, Zarco tampil cukup apik dengan finis di peringkat ketujuh MotoGP Ceska. 

Kinerjanya kembali membaik pada tes di Brno dengan menempati posisi kedua, hanya kalah dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Kedua pembalap hanya terpaut margin 0,01 detik. 

"Pada saat balapan, hal tersulit adalah mengendalikan motor. Saya mungkin bertarung berlebihan. Saya punya kecepatan bagus dan bertahan bersama mereka. Tapi, saya tak punya kecepatan memadai untuk bertarung melawan mereka, menyalip mereka," ujar Zarco, seperti dilansir Crash, Selasa (7/8/2018). 

"Kita lihat saja pada balapan lain yang memiliki trek berbeda, dengan ban berbeda juga. Saya merasa kembali ke feeling yang bagus (setelah tes Brno) dan saya bisa lebih mengarah ke apa yang saya butuhkan," sambung dia.  

Zarco mengaku sepanjang tes tak fokus pada perangkat motor, tapi memilih cara bagaimana memperbaiki gaya membalapnya. 

"Saya secara teknik tak tahu apa yang ada di motor, karena memang tak ingin tahu. Bagi diri saya, setelah jeda musim panas kami kembali ke kecepatan 300kph tiap lap. Jadi, saya merasa nyaman. Saya perlu istirahat dan memacu maksimal di Spielberg (MotoGP Austria) karena itu trek yang saya sukai. Saya rasa kami bisa mengukir posisi yang bagus di sana," tegas Johann Zarco