Sukses

Asian Games 2018 Bukan Target Utama Kontingen Tiongkok

Tiongkok ingin berikan pengalaman untuk atlet muda di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok bakal mengirimkan 864 atlet ke Asian Games 2018. Namun sebagian besar merupakan pendatang baru yang tidak memiliki prestasi fenomenal. 

Dari daftar seluruh negara yang tampil di Asian Games 2018, Tiongkok dianggap sebagai calon kuat juara umum. Dalam klasemen medali yang dicatat selama perhelatan Asian Games, Tiongkok menempati posisi teratas.

Kontingen Tiongkok yang dipastikan turun memiliki prestasi 19 medali emas Olimpiade, termasuk pebulutangkis tersukses mereka, Lin Dan, yang akan menjalani Asian Games kelimanya. Namun, sebagian besar atlet relatif tak berpengalaman.

Sebanyak 631 atlet di antaranya tak memiliki pengalaman tampil di Asian Games atau Olimpiade. Usia rata-rata kontingen Tiongkok pun 24,4 tahun. Nantinya, mereka bakal mengikuti 38 dari 40 cabor yang dipertandingkan. Dua cabor yang tak diikuti adalah kabaddi dan angkat besi.

Bagi Tiongkok, Asian Games 2018 hanya akan jadi batu loncatan untuk mempersiapkan diri menuju Olimpiade 2020 di Tokyo. Meski begitu, Tiongkok tetap akan mengirim tim logistik yang lengkap ke Jakarta dan Palembang yang terdiri dari staf medis, pelatih, terapis, instruktur kebugaran, dan teknisi informasi.

"Kami akan mendirikan kamp logistik di luar perkampungan atlet untuk kali pertama agar bisa melayani para atlet dengan baik. Ini adalah latihan reformasi olahraga di Tiongkok dan juga pengalaman sukses yang kami dapatkan," ujar Liu Guoyong, Direktur Kompetisi Administrasi Umum Olahraga, kepada Xinhua News Agency.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misi Utama Tiongkok

"Asian Games ini berfungsi sebagai tes jangka menengah dan pengalaman berharga menuju Tokyo 2020. Juga berfungsi sebagai pemeriksaan komprehensif soal kondisi olahraga kompetitif di Tiongkok," kata Guoyong.

"Delegasi Tiongkok bertujuan untuk menunjukkan keahlian di bidang olahraga di Asian Games. Ini juga akan membantu kami untuk menemukan bintang yang menjanjikan dan memungkinan atlet muda kami untuk mendapatkan pengalaman praktis," jelasnya.

Tiongkok sendiri selalu jadi juara umum Asian Games sejak edisi 1982 di New Delhi. Di Asian Games 2018, kontingen Tiongkok mengumumpulkan total 342 medali, termasuk 151 emas.

Penampilan terbaik Tiongkok didapat pada Asian Games 2010 dengan total 416 medali, 199 di antaranya emas. Jika ditotal secara keseluruhan, sudah 2.895 medali yang dikumpulkan Tiongkok dari Asian Games, unggul 45 medali atas Jepang.

Saksikan juga video menarik di bawah ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.