Rossi Sempat Jajal Fairing Baru Yamaha MotoGP Ceko

Oleh Liputan6.com pada 07 Agu 2018, 12:45 WIB
Diperbarui 07 Agu 2018, 12:45 WIB
Valentino Rossi

Liputan6.com, Brno - Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli selaku mengaku senang dengan pengujian setelah menjalani balapan di lintasan yang sama, akhir pekan ini. Menurutnya, tim Yamaha bisa menarik kesimpulan mengenai perbandingan yang terjadi pada balapan MotoGP dan pengujian.

Ini juga memungkinkan pembalap memberikan umpan balik yang jelas. Pada tes MotoGP yang berlangsung selama satu hari itu, tim Garpu Tala fokus pada perangkat elektronik.

"Itu adalah tujuan utama kami, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengendarai sepeda motor, terutama pada sentuhan pertama throttle," ujar Meregalli dikutip dari laman resmi Yamaha, Selasa (7/8/2018).

"Kami juga mencoba ban depan Michelin baru dan pada akhir hari kami dapat menguji fairing baru," tuturnya.

Tim Yamaha hanya menurunkan Valentino Rossi pada pengujian ini. Sementara rekan setimnya Maverick Vinales lebih memilih untuk memfokuskan pada proses pemulihan setelah mengalami kecelakaan pada seri 10 MotoGP di Republik Ceko, akhir pekan kemarin.

"Sayang bahwa Maverick tidak dapat bergabung dengan kami, karena kami akan menghargai masukannya. Tapi kami harap dia tidak lagi merasa sakit dari kecelakaan kemarin ketika kami mulai balapan lagi di Austria pada hari Jumat," terangnya.

2 dari 3 halaman

Hari yang Positif

Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (Twitter/Yamaha MotoGP)

"Meskipun pengujian hari ini harus dilakukan dengan satu pengendara, itu masih hari yang positif secara keseluruhan," tambah Meregalli.

Pada pengujian ini Rossi melahap 51 lap dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55.918 detik. Juara dunia tujuh kali MotoGP menjajal beberapa detail baru termasuk ban depan Michelin yang akan digunakan tahun depan.

"Ini adalah tes yang bagus, karena kami memiliki kondisi yang sangat panas - mirip dengan yang kami miliki selama akhir pekan GP, jadi kami bisa mencoba yang lain. Kami bekerja pada akselerasi pada sentuhan pertama throttle dan juga mencoba untuk menyelamatkan ban selama perlombaan," terangnya.

3 dari 3 halaman

Situasi Sama

"Kami mencoba berbagai hal dan menemukan bahwa beberapa hal baik, tetapi kami harus menggabungkan semuanya. Sayangnya, kami tidak dapat meningkatkan kinerja dari kemarin, jadi saya pikir untuk Austria situasinya akan sama," papar Rossi. (David Permana)

Lanjutkan Membaca ↓