Rossi Bingung Tentukan Ban Jelang MotoGP Ceko

Oleh Liputan6.com pada 05 Agu 2018, 08:40 WIB
Diperbarui 05 Agu 2018, 08:40 WIB
Valentino Rossi

 

Liputan6.com, Brno - Valentino Rossi mengatakan pemilihan ban Michelin akan menjadi penting untuk perebutan podium pertama pada balapan di MotoGP Ceko, Minggu (5/8/2018). Hal ini disebabkan lantaran suhu panas di Sirkuit Automotodrom Brno.

Pada balapan seri ke-10 MotoGP ini, Rossi berhasil menempati posisi kedua di kualifikas setelah mencatatkan waktu 1 menit 54.956 detik. Meski berhasil membayangi kecepatan Andrea Dovizioso, namun dirinya masih merasa sulit untuk menentukan ban pada balapan nanti.

"Selama latihan saya berjuang, saya selalu berjuang karena kecepatan saya tidak terlalu kuat. Jadi kami mencoba untuk memahami hal-hal yang berbeda pada motor, terutama kombinasi ban yang berbeda, dari depan dan belakang," kata Rossi dikutip dari laman resmi Yamaha.

Kendati demikian, Rossi memperingatkan dirinya bakal merasa kesulitan di awal balapan mengingat suhu di lintasan sepanjang 5,4 km tersebut. Namun di beberapa lap selanjutnya, dia yakin bisa memberikan perlawanan untuk Dovizioso dan Marc Marquez.

Rossi wajib terus meraih hasil bagus di sisa seri MotoGP 2018. Jika tidak, Rossi bisa terus tertinggal dari Marquez.

 

 

 

2 dari 3 halaman

  Ogah Spekulasi

Valentino Rossi
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, bakal start kedua pada MotoGP Ceska, Minggu (5/8/2018). (Twitter/Yamaha MotoGP)

Disinggung ban mana yang akan digunakan selama menjalani balapan akhir pekan ini, Rossi mengaku enggan berspekulasi. Ada kemungkinan dirinya bakal menggunakan ban lunak.

"Ya, bagi saya, itu adalah kesalahan untuk tidak mencoba yang keras ban belakang kemarin, karena mungkin dengan lebih banyak lap kita mungkin bisa mengerti lebih baik. Masalahnya saya tidak terlalu cepat. Berjudi? Biasanya saya tidak terlalu senang dengan spekulasi," katanya.

"Jika Anda pergi dengan soft Anda cepat di awal, tetapi sulit untuk tiba di akhir. Tapi kita harus melihat tentang suhu karena jika kita memiliki lebih sedikit suhu mungkin lebih mudah pada ban lunak," ujar Rossi.

3 dari 3 halaman

Ban Belakang

Menurut Rossi, ada masalah besar yang dihadapinya pada lintasan di Sirkuit Brno. "Masalah terbesar di sini adalah ban belakang bakal berkurang banyak. Kami kehilangan grip setelah tiga atau empat lap," ujar Rossi.

"Kami banyak wheelspin, harus diperbaiki dengan bantuan perangkat elektronika. Akan sangat sulit menjaga kecepatan dalam 21 lap. Situasi masih belum jelas," imbuh Rossi.

(David Permana)

Lanjutkan Membaca ↓