Sukses

MotoGP: Movistar Yamaha Cari Pembalap Penguji di Eropa

Yamaha ingin maksimal dalam pengujian motor di Eropa untuk ajang MotoGP.

Liputan6.com, Tokyo - Manajer tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, mengungkapkan bahwa perusahaan akan memiliki tim penguji motor MotoGP, yang berbasis di Eropa pada 2019. Pernyataan itu disampaikan setelah mendapatkan persetujuan dari pabrikan Jepang.

Sejauh ini, ada dua pembalap yang dikabarkan masuk radar Yamaha sebagai pembalap penguji untuk motor MotoGP. Mereka adalah Jonas Folger dan Bradley Smith.

"Kami akan memiliki tim penguji berbasis di Eropa. Itu adalah sesuatu yang baru saja disetujui, tetapi kami akan tahu lebih banyak nanti," kata Meregalli kepada wartawan di Sirkuit Brno seperti dikutip dari Bikesport, Sabtu (4/8/2018).

Kabar ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Pasalnya, sejak lama Valentino Rossi mendesak kepada tim Yamaha untuk membentuk tim penguji motor M1 seperti yang dimiliki Honda ( Stefan Bradl), Ducati (Casey Stoner, Michele Pirro), dan KTM (Mika Kalillo).

Permintaan Rossi kepada tim Yamaha bukan tanpa alasan mengingat Nakasuga sudah tak muda lagi. Apalagi pembalap Jepang itu sudah jarang melakukan tes MotoGP di Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Jepang

"Kami hanya punya Nakasuga di Jepang. Dia sudah berusia 37 tahun dan tak pernah menggelar tes di Eropa," kata Rossi, tahun lalu.

Yamaha tentunya berharap dengan keberadaan tim penguji yang berbasis di Eropa, dapat mendongkrak motor M1 untuk tampil kompetitif di lintasan balap MotoGP.

3 dari 3 halaman

Keteteran

Pasalnya sejauh ini, baik Rossi maupun Maverick Vinales masih keteteran menandingi performa motor RC213V, yang dikendarai Marc Marquez. Yamaha tidak ingin semakin tertinggal dari Honda. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.