Seperti Malcom di Barcelona, 4 Pemain Ini Dibajak Klub Besar

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 02 Agu 2018, 19:30 WIB
Diperbarui 04 Agu 2018, 19:13 WIB
Barcelona Resmi Rekrut Malcom

Liputan6.com, Jakarta - Pembajakan pemain bukanlah hal biasa di dunia sepak bola. Baru saja terjadi ketika winger asal Brasil, Malcom bergabung dengan Barcelona.

Padahal, Malcom sudah diumumkan AS Roma bakal bergabung setelah mencapai kesepakatan dengan Bordeaux. Namun pemain berusia 21 tahun tersebut tiba-tiba menerima pinangan Los Blaugrana, sebutan Barcelona.

Menurut sejumlah media, Bordeaux berganti haluan karena Barcelona bersedia membayar lebih besar dari penawaran AS Roma yakni 31,3 juta Euro atau sekitar Rp530 miliar. Raksasa La Liga diyakini berani membayar 36 juta Euro atau bahkan lebih.

Kasus pembajakan seperti yang dilakukan Barcelona bukan baru terjadi. Di tahun-tahun sebelumnya pun sudah banyak terjadi. Simak kisahnya di halaman berikut.

 

 

2 dari 5 halaman

Ronaldinho

Pembajakan Pemain, Transfer Pemain, Bursa Transfer
Ronaldinho. (AFP/Lluis Gene)

Pada tahun 2003, Ronaldinho bermain bagus untuk Paris Saint Germain (PSG). Terlebih saat itu Ronaldinho baru saja meraih Piala Dunia bersama Brasil. Dan MU pun memburunya karena David Beckham pindah ke Real Madrid.

Bahkan, mantan manajer MU, Alex Ferguson juga pernah mengakui kalau sangat mengagumi bakat Ronaldinho. Meski akhirnya gagal dan ia memutuskan membeli CR7.

"Hampir saya saya bergabung ke MU, tinggal 48 jam lagi. Namun, Sandro Rosell akhirnya menelepon sebelum saya menerima tawaran MU. Dia berkata apakah saya ingin datang jika dia menjadi Presiden Barcelona? Langsung saya jawab iya," kata Ronaldinho seperti dilansir HITC.

"Saya lalu bicara ke MU kalau lebih memilih Barcelona. Orang Brasil selalu cinta Barcelona, kami punya sejarah di sana. Tidak ada tempat di Eropa seperti Barcelona. Kami pemain Brasil selalu bahagia bermain untuk klub ini."

3 dari 5 halaman

John Obi Mikel

john obi mikel
John Obi Mikel. (AFP/Gustavo Andrade)

Manchester United telah mencapai kesepakatan dengan John Obi Mikel pada 2005. Sang pemain sudah mengenakan jersey MU dengan nomor punggung 21 dengan didampingi kliennya, Jim Ryan.

Namun pada akhirnya, ia memilih Chelsea sebagai klub barunya. Pilihan Mikel terbilang tepat. Dia menghabiskan waktu selama 10 musim di Stamford Bridge.

"Semua orang seperti berebut mendapatkan saya. Agen, manajer, hingga orang-orang yang membawa kontrak sibuk dengan transfer ini," kata Mikel seperti dilansir Mirror.

"Alex Ferguson menelepon saya demikian juga Roman Abramovich. Sebagai pemain muda tentu saya sangat bingung. Hingga akhirnya seorang dari FIFA menelpon dan meminta saya membuat keputusan sendiri. Mereka tidak bisa membantu saya."

4 dari 5 halaman

Willian

Brasil Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018
Gelandang Brasil, Willian. (AP Photo/Andre Penner)

Pada musim panas 2013, Tottenham Hotspur baru saja mendapat uang sebesar 85 juta pound sterling dari penjualan Gareth Bale ke Real Madrid.

Dengan uang tersebut, Spurs ingin menjadikan Willian sebagai pemain termahal di klub. Saat itu, pemain Timnas Brasil ini masih memperkuat klub Rusia, Anzhi Makhackhala. Biaya 30 juta pounds sudah disepakati kedua tim, tinggal menyelesaikan tes medis saja.

Namun transfer itu dibatalkan setelah Chelsea datang. Pemilik The Blues, sebutan Chelsea, Roma Abramovic menelepon rekannya, yang merupakan pemilik Anzhi Suleyman Kerimov. Dua hari kemudian Willian resmi menjadi pemain Chelsea.

Aksi pembajakan Chelsea itu membuat geram manajer Spurs saat itu, Andre Villas-Boaz. "Sebaiknya, kita melakukan tes medis secara rahasia!" katanya.

5 dari 5 halaman

David Beckham

[Bintang] David Beckham
David Beckham. (instagram/davidbeckham)

Cerita ini terjadi pada 2003, ketika itu David Beckham meninggalkan Old Trafford Stadium. Beckham bergabung dengan Real Madrid dengan mahar sebesar 35 juta euro atau setara dengan Rp 495 miliar (kurs saat ini).

"Saat itu antara Beckham, Ronaldinho atau Thierry Henry. MU mengatakan kepada kami bahwa mereka akan menjual Beckham kepada kami jika kami memenangkan pemilihan Presiden Barcelona karena kami tidak memiliki kekuatan pada saat itu," kata m antan Presiden Barcelona Joan Laporta.

"Tapi mereka hanya menggunakan kami dan pada akhirnya Beckham menandatangani kontrak dengan Madrid. Kami bertemu di Bandara Heathrow dan menandatangani sebuah dokumen yang mengatakan bahwa mereka akan menjualnya kepada kami jika kami membuat kesepakatan dengan agennya."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Tarif Iklan Instagram Ronaldo Rp 10,8 Miliar