Sukses

Terungkap, Markas Barcelona Sempat Jadi Target Teroris

Teroris ingin melakukan teror saat Barcelona menjalani pertandingan melawan Real Betis musim lalu.

Liputan6.com, Barcelona - Kelompok yang melakukan pengeboman di Las Ramblas Agustus 2017 lalu, Jihadis, terungkap sempat merencanakan rencana jahat lain. Seperti dilansir as terungkap, kelompok teroris Jihadist juga sempat mengincar stadion Camp Nou, markas Barcelona.

Kelompok ini berkeinginan untuk menyerang Camp Nou saat digelar pertandingan antara Barcelona lawan Real Betis pada 20 Agustus 2017. Hal ini baru terungkap setelah adanya investigasi kepolisian Katalunya.

Disinyalir salah satu teroris, Mohammed Hichamy sempat mencari-cari informasi soal Camp Nou lewat google. Kabar ini baru terungkap hampir setahun kemudian setelah koran Spanyol, El Periodico memberitakan hasil investigasi ini.

Polisi kabarnya mengetahui kalau para teroris mencoba untuk mencari soal jadwal pertandingan dan akses stadion, termasuk juga gambar stadion di telepon selular milik Hichamy.

"Sangat mungkin mereka ingin mencoba melakukan serangan seperti di Paris. Mereka menyerang stadion St Denis di tengah pertandingan Timnas Prancis," ujar salah satu investigator.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Beli Jersey

Dugaan kuat niat jahat teroris juga diungkap oleh penjaga di toko resmi marchandise Barcelona. Disebutkannya, ada dua orang dari anggota teroris yang membeli merchandise klub.

Diduga ini salah satu upaya mereka agar dianggap sebagai fans saat memasuki stadion saat serangan tiba. Untunglah,rencana jahat itu tidak terjadi.

Barcelona tetap menjalani pertandingan melawan Real Betis dengan penjagaan yang ketat. Saat itu, Barcelona sukses menang 2-0 atas Betis.

Barcelona tengah bernegosiasi dengan calon sponsor yang berasal dari Amerika Serikat dan Asia. Sponsor tersebut akan mendapatkan hak untuk menyertakan namanya di Camp Nou.

3 dari 3 halaman

Sponsor Baru

Di luar itu, Barcelona tengah berusaha mendapatkan dana segar untuk merenovasi kompleks stadion. Proyek tersebut bernama Espai Barca.

Untuk proyek tersebut, Barcelona membutuhkan dana mencapai 600 juta euro, sedangkan nilai hak penamaan stadion mencapai 300 juta euro. Pihak sponsor akan menyematkan nama perusahaan mereka di Camp Nou selama 20 tahun.

Untuk proyek tersebut, Barcelona membutuhkan dana mencapai 600 juta euro, sedangkan nilai hak penamaan stadion mencapai 300 juta euro. Pihak sponsor akan menyematkan nama perusahaan mereka di Camp Nou selama 20 tahun.

Nantinya, stadion Barcelona akan bernama Camp Nou lalu diikuti nama sponsor tersebut. Barcelona akan merenovasi Camp Nou yang sudah menjadi kandang mereka sejak 1957.

Camp Nou yang baru akan memiliki kapasitas 105.000 penonton, dari tadinya 99.354 penonton. Selain itu, kompleks Camp Nou akan dilengkapi dengan ice rink. Camp Nou akan memiliki dua lapangan sepak bola pada desain barunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.