Prediksi ICC 2018 Arsenal Vs Chelsea: Mencari Skema Baku

Oleh Nurfahmi Budi pada 01 Agu 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2018, 09:00 WIB
Arsenal Vs Chelsea
Perbesar
ICC 2018_Arsenal Vs Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Dublin - Arsenal akan menghadapi Chelsea dalam laga lanjutan turnamen International Champions Cup (ICC) 2018 di Aviva Stadium, Dublin, Rabu (1/8/2018) atau Kamis (2/8/2018) dini hari WIB. Laga ini akan digunakan kedua tim untuk mencari formasi baku.

Satu yang menjadi atensi adalah sistem permainan Arsenal. Manajer The Gunners, Unai Emery masih mengutak-atik strategi apa yang tepat untuk pasukannya. Hal itu berkaitan dengan komposisi pemain yang masih belum lengkap, terutama aktivitas bursa transfer pemain yang belum selesai.

Seperti dirilis Metro.co.uk, Selasa (31/7/2018), Emery mengakui dirinya belum bisa fokus dengan formasi utama. Dua laga di Singapura belum memberi gambaran pasti bagaimana bentuk permainan Arsenal.

Walhasil, bersua Chelsea menjadi ujian sesungguhnya bagi Emery guna menyodorkan skema yang bisa dilihat secara permanen. "Saya pikir kami masih akan terus berkembang, dan siapapun pemain yang merumput, sudah merepresentasikan apa yang akan kami berikan sepanjang musim depan," katanya.

Sebelumnya, Emery berharap bisa mengaplikasikan sistem 4-3-3. Beberapa kali, format tersebut berusaha diaplikasikan pada laga-laga pramusim. Namun, alih-alih konsisten, Arsenal mengubah gaya permainan menjadi 4-2-3-1 kala bersua Paris Saint-Germain. Hasilnya?, ternyata sukses.

Kondisi itulah yang membuat Emery bakal menguji kembali ketika Arsenal menghadapi Chelsea. Ia ingin mencoba lagi performa beberapa anak asuhnya yang tampil menawan, seperti kiper Bernd Leno, Sokratis Papastathopoulos dan Matteo Guendouzi.

 

2 dari 2 halaman

Pertarungan Komposisi

Sayang, kemungkinan Emery tak bisa memainkan maksimal tiga pemain, yakni Nacho Monreal, Stephan Lichtsteiner dan Lucas Torreira. Ketiganya sudah melakoni sesi latihan, namun tak maksimal karena masih dalam tahap recovery fisik usai menikmati masa istirahat Piala Dunia 2018.

Emery yakin, anak asuhnya bisa tampil bagus untuk menaklukkan Chelsea. Pelajaran dari PSG dan Atletico Madrid, meski lebih banyak menggunakan pemain cadangan, memberi opstimisme tinggi. "Chelsea juga tak maksimal, jadi kami harus memanfaatkan benefit itu," tegas sang Spaniard.

Ucapan Emery selaras dengan kondisi Chelsea. The Blues bakal tampil dengan sebagian besar anak muda. Callum Hudson-Odoi menjadi magnet tersendiri. Fans menganggap penampilan Odoi tergolong impresif, dan bisa menjadi pelapis bagi Eden Hazard. Duo Odoi dan Ethan Ampadu memiliki prospek yang bagus.

Selain itu, penampilan Ross Barkley dan Pedro, juga bisa menjadi andalan. Manajer Chelsea, Maurizio Sarri mengaku sudah melihat beberapa pemain yang mampu fleksibel merealisasikan ragam perubahan formasi di lapangan.

"Tak ada perubahan drastis, karena kami akan tampil dengan kekuatan terbaik. Laga kontra Arsenal menjadi barometer ketika pasukanku sudah lengkap, dan kami menyelesaikan aktivitas bursa transfer," ucap Sarri.

Sekadar informasi, kedua tim memiliki catatan pertemuan yang panjang. Chelsea mengalamai 76 kekalahan saat bersua Arsenal, 62 menang dan 57 kali berakhir seri. Catatan sepanjang sejarah tersebut menjadi gambaran pertandingan yang bakal berlangsung ketat di ibukota Irlandia tersebut.

Prediksi pemain:

Arsenal: Leno; Bellerin, Papastathopoulos, Mustafi, Kolasinac; Ramsey, Smith Rowe, Mkhitaryan; Ozil, Lacazette, Aubameyang

Chelsea: Caballero; Azpilicueta, Rudiger, Luiz, Alonso; Fabregas, Jorginho, Bakayoko; Pedro, Morata, Hudson-Odoi

 

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓