Sukses

Rossi Sebut MotoGP Tak Seromantis Dulu

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menyebut MotoGP kehilangan 'pondasinya'.

Liputan6.com, Brno - Valentino Rossi telah menggeluti MotoGP sejak 2000. Selama 18 tahun tampil di dunia balap paling bergengsi, Rossi merasakan asam garam panasnya aspal.

Mengutip dari Motor Sport, Rossi menyebut MotoGP kini tak seromantis dulu. Bahkan, pembalap asal Spanyol itu menyebut MotoGP mulai membosankan.

Hal ini dikarenakan adanya banyak komponen baru yang bisa mempengaruhi seorang pembalap menjadi juara, mulai dari elektronik hingga winglet. Rossi pun menyebut balapan MotoGP sudah tak alami.

"Saya pikir salah satu perbedaan terbesar dari 15 tahun lalu, khususnya saat ini, adalah kami selalu sangat sengit pada latihan," kata Rossi.

"Dibandingkan dengan 15 tahun lalu, tingkat profesionalisme dari MotoGP telah meningkat pesat. Saat ini semua tim, khususnya para pembalap, fokus pada detail- detail kecil, coba memahami tiap tikungan, tiap titik pengereman," ujar rider MotoGP berusia 39 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Romantis

Rossi melanjutkan, semua pembalap kini tak hanya menikmati sensasi melaju di atas aspal dengan kecepatan saja, hal yang menjadi dasar di dunia balap. Namun, mereka harus memikirkan banyak hal setiap menarik gas.

"Dulu hal romantis adalah, Anda hanya mengendarai motor Anda untuk sensasinya, sekarang tidak lagi seperti itu," ucap mantan rider Ducati tersebut.

"Saat ini kami harus bekerja lebih keras, dan mungkin ini sedikit membosankan. Saya pikir ini adalah perbedaan terbesarnya, namun ini bagus bagi MotoGP," kata Rossi.

3 dari 3 halaman

Statistik Rossi

Berikut statistik Rossi sejak tampil di MotoGP pada tahun 2000:

Main: 313

Menang: 89

Podium: 195

Pole: 55

Fastest Lap: 75

Poin: 5.032

Juara Dunia: 7

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.