Sukses

Sepeda Nusantara di Medan Jadi Ajang Promosi Asian Games

Sepeda Nusantara di Medan diikuti sekitar dua ribu peserta.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu program ayo Olahraga! dari Kemenpora, Sepeda Nusantara menyambangi kota Medan. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Drs. Imam Gunawan, M.AP mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga melepas peserta Sepeda Nusantara Tahun 2018 bertempat di Lapangan Merdeka, Medan.

Acara ini dimulai dengan senam bersama Sepeda Nusantara dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera start sebagai tanda dimulainya Sepeda Nusantara di Kota Medan yang diikuti kurang lebih 2.000 peserta.Rute yang dilalui para pesepeda yaitu start di Jalan Pulau Penang dan menuju Jalan Balai Kota mengarah ke Jalan Guru Patimpus kemudian masuk ke Jalan Gatot Subroto.

Dari Gatot Subroto peserta mengarah ke Jalan Iskandar Muda menuju Jalan Gajah Mada. Selanjutnya masuk ke Jalan S. Parman mengarah ke Jalan Pattimura dan menuju Mongonsidi. Dari Jalan Mongonsidi peserta melalui Jalan Juanda dan mengarah Jalan Katamso menuju Jalan Pemuda serta Jalan Ahmad Yani, dan kembali ke Jalan Balai Kota memutari Jalan Bukit Barisan dan Stasiun, kemudian Finish di Jalan Penang.

Peserta Sepeda Nusantara ini akan melewati bangunan-bangunan bersejarah di Kota Medan seperti Bangunan Chong A Fie (bangunan Cina lama). Bangunan itu sendiri dibangun oleh Tjong A Fie. Tjong A Fie berhasil menjadi pengusaha besar di Medan dan menguasai hampir seluruh perkebunan di Medan, ini bisa di raih karena kecerdasan dan kedekatan dengan Sultan Deli pada saat itu, dan akhirnya diangkat menjadi ketua komunitas Tiongkok di Medan.Berkat kesuksesan tersebut Tjong A Fie membangun sebuah rumah yang sangat megah dengan gaya Tiongkok-Eropa, rumah tersebut selesai pada Tahun 1900.

Selain itu peserta juga melewati Istana Maimun. Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan. Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid.

Selajutnya yang juga dilewati peserta adalah Mesjid Raya Medan Al Mashun yang bergaya arsitektur khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Mesjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promosi Asian Games dan Asian Paragames

Melalui Sepeda Nusantara, pemerintah dalam hal ini Kemenpora juga ingin menggelorakan masyarakat nasional dalam menyongsong penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Dalam sambutannya, Asdep Imam Gunawan mengatakan perhelatan Sepeda Nusantara ini merupakan program nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dibawah pimpinan Imam Nahrawi. Ini merupakan amanah dari Kemenpora yang bertujuan untuk menggelorakan, mengajak, menggerakkan dan memotivasi masyakarat untuk melakukan gaya hidup sehat serta mengajak masyarakat membudayakan olahraga melalui sepeda, seperti yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Bersepeda adalah ciri khas masyakarat Indonesia. Bersepeda juga membuat masyarakat akan lebih mudah saling bertegur sapa, menunjukkan sebagai makhluk sosial," kata Imam seperti rilis yang diterima media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.