Sukses

ONE Championship: Kevin Belingon Pupus Ambisi Martin Nguyen

Kevin Belingon mengalahkan Martin Nguyen dalam perebutan gelar ONE Interim Bantamweight World Championship dalam ajang ONE CHampionship.

Liputan6.com, Manila - Atlet seni bela diri campuran asal Filipina, Kevin Belingon, memupus ambisi Martin Nguyen untuk menjadi juara dunia di tiga divisi ONE Championship. Petarung yang dijuluki The Silencer itu menang angka mutlak atas juara dunia ONE Featherweight dan Lightweight tersebut.

Bertarung di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Jumat (27/7/2018), Belingon yang mendapatkan dukungan penuh dari para penonton mampu merepotkan Nguyen sejak dari ronde pertama. Serangan dengan pukulan hook kiri dan tendangan berputar beberapa kali mendarat wajah dan tubuh Nguyen.

Menjelang berakhirnya ronde ketiga, wasit terpaksa menghentikan pertarungan. Sebab, Nguyen memukul bagian bawah perut Belingon ketika melepaskan tendangan berputar dan membuatnya sangat kesakitan. Kontan, aksi Nguyen mendapat sorakan protes dari penonton ONE Championship.

Di ronde keempat, Belingon terus bertarung agresif dengan pola serangan yang sama. Sementara itu, beberapa tendangan yang dilepaskan Nguyen hanya menerpa angin.

Memasuki ronde kelima, Nguyen mencoba bertarung lebih agresif. Petarung berjuluk The Situ-Asian terus berupaya menyerang Belingon. Tapi, Belingon mampu memberikan perlawan dan mampu menghindar.

Di akhir pertarungan, ketiga juri memberikan kemenangan mutlak bagi Belingon usai pertarungan ketat sepanjang lima ronde dan meraih gelar ONE Interim Bantamweight World Championship di panggung ONE Championship.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahagia

Belingon tak bisa menutupi kebahagiaannya usai mengalahkan Nguyen. Ia merasa kerja kerasnya selama ini telah membuahkan hasil.

"Saya tidak bisa mengungkapkan apa yang saya rasakan. Saya atlet paling bahagia malam ini. Terima kasih untuk semua orang yang datang dan mendukung saya, dan tentunya kepada ONE Championship, team saya, para pelatih, serta rekan-rekan setim," ucapnya usai petarungan.

"Untuk Martin (Nguyen), ini menjadi sebuah kehormatan bertarung melawan Anda. Anda adalah atlet yang hebat dan seorang juara. Saya berlatih sangat keras untuk pertarungan ini, hanya untuk mendapatkan sabuk juara. Saya bangga dapat menjadi juara yang mewakili Filipina," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Fernandes

Selanjutnya, Belingon akan segera dijadwalkan bertarung dengan juara di kelas bantam dari Brasil, Babiano Fernandes. Duel tersebut sebenarnya sudah dijadwalkan. Tetapi karena Fernandes cedera dan harus menjalani perawatan, Belingon akhirnya menerima tantangan dari Nguyen.

"Bibiano (Fernandes), saya menghormatinya sebagai juara, namun kini kami berada di kelas bobot yang sama dan saya adalah penantang utama. Jadi, tak ada jalan keluar untuk menghadapi saya. Saya berharap Anda dapat pulih dengan cepat dan kita akan bertarung tahun ini," paparnya.

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap Pertarungan ONE: REIGN OF KINGS

Hasil Lengkap Pertarungan ONE: REIGN OF KINGS

Laga ONE Interim Bantamweight World Championship: Kevin Belingon mengalahkan Martin Nguyen dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decisio) setelah 5 ronde

Laga Lightweight: Shinya Aoki mengalahkan Shannon Wiratchai dengan TKO (Strikes) pada menit 2:16 di ronde 1

Laga kelas welter (Welterweight): Renzo Gracie mengalahkan Yuki Kondo dengan Kuncian (Rear Naked Choke) pada menit 1:40 di ronde 2

Laga kelas ringan (Lightweight): Eduard Folayang mengalahkan Aziz Pahrudinov dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decisio) setelah 3 ronde

Laga kelas ringan (Lightweight): Garry Tonon mengalahkan Rahul Raju dengan kuncian (Rear Naked Choke) pada menit 3:27 di ronde 3

Laga ONE Super Series (Muay Thai) Catch Weight (72.5kg): Chris Ngimbi mengalahkan Armen Petrosyan dengan Split Decision (SD) setelah 3 ronde

Laga ONE Super Series (Muay Thai) Bantamweight: Panicos Yusuf mengalahkan Han Zi Hao dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decisio) setelah 3 ronde

Laga kelas Strawweight: Joshua Pacio mengalahkan Pongsiri Mitstatit dengan Kuncian (Armlock) pada menit 3:37 di ronde 1

Laga ONE Super Series (Muay Thai) Catch Weight (68.0kg): Chamuaktong Fightermuaythai mengalahkan Brown Pinas dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decision) setelah 3 ronde

Laga Kelas Strawweight: Rene Catalan mengalahkan Stefer Rahardian dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decision) setelah 3 ronde

Laga Kelas Featherweight: Xie Bin mengalahkan Sor Sey dengan Kuncian (Guillotine) pada menit 1:55 di ronde 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.