ONE Championship: Stefer Rahardian Ingin Jaga Rekor Kemenangan

Oleh Bogi Triyadi pada 26 Jul 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2018, 13:30 WIB
Stefer Rahardian

Liputan6.com, Manila - Stefer Rahardian ingin melanjutkan tren kemenangannya dalam ajang ONE Championship. Petarung seni bela diri campuran Indonesia itu akan menghadapi Rene Catalan dari Filipina di kelas jerami (Strawweight).

Duel yang merupakan bagian dari 11 pertarungan ONE Championship bertajuk ONE: Reign Of King itu bakal berlangsung di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Jumat (27/7/2018) malam WIB.

"Insya Allah kalau menang, itu akan menjadi kemenangan yang ke-10. Doakan saja, amiin," kata Stefer di gym Hotel Nobu, Manila, Filipina, Kamis (26/7/2018).

Meski demikian, Stefer mengakui tidak akan mudah mengalahkan Catalan. Apalagi, lawannya tersebut merupakan petarung berpengalaman.

"Saya sudah melihat dia sebelum saya masuk ke ONE Championship. Bagi saya, lebih merasa terhormat bertarung melawan fighter yang berpengalaman, seperti Rene Catalan ini," ucapnya.

"Sebagai fighter berpengalaman, ia pasti lebih pintar. Jadi saya harus mewaspadai semua aspek dari pihak lawan," lanjutnya.

2 of 3

Fokus Diri Sendiri

Stefer Rahardian
Stefer Rahardian siap tampil di ONE Championship Reign of King. (Liputan6.com/Bogi Triadi)

Saat ditanya kelemahan Catalan, Stefer mengatakan memilih lebih fokus kepada persiapan dirinya. "Dari awal saya terjun ke mixed martial art (mma) profesional, saya tidak pernah melihat kelemahan lawan. Saya lebih kepada diri saya sendiri, berlatih lebih keras dan menjadikan teknik saya untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam bertarung," ujarnya.

Untuk duel ini, petarung berusia 31 tahun itu sudah mempersiapkan diri selama sebulan di Bali Mixed Martial Art. Ia berlatih di bawah bimbingan pelatih asal Amerika Serikat, Don Carlo Clauss.

3 of 3

Tekanan Tuan Rumah

Dalam duel nanti, Stefer juga harus mengatasi tekanan dari pendukung Catalan. Namun, pria berdarah Manado itu sudah siap mengatasi tekanan tersebut.

"Semua harus dijalani dan dihadapi. Mungkin tekanan dari tuan rumah, penonton, dan segala macam juga memberikan saya kekuatan untuk berjuang lebih bagi lagi," imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓