Sukses

DFB Enggan Disebut Bersikap Rasial kepada Mesut Ozil

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) membantah telah bersikap rasial kepada Mesut Ozil.

Jakarta Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) membantah telah bersikap rasial kepada Mesut Ozil. DFB menganggap telah berusaha melindungi Ozil dari segala tindakan tersebut.

"Kami menyesalkan keputusan Mesut Ozil pensiun dari tim nasional Jerman. Kami dengan tegas menolak anggapan terkait rasialisme. DFB terlibat dalam kerja intergritas di Jerman selama bertahun-tahun," sebut pernyataan resmi DFB.

Ozil memutuskan pensiun dari timnas Jerman setelah merasa menjadi korban rasial dari DFB. Selain itu, Ozil juga dianggap sebagai biang kegagalan Der Panzer lolos dari fase grup Piala Dunia 2018.

Semua itu bermula dari pertemuan Ozil dengan Presiden Turki, Recep Erdogan, sebelum Piala Dunia 2018. Selain Ozil, terdapat pula rekan senegaranya, Ilkay Gundogan, dan striker Everton asal Turki, Cenk Tosun.

Tidak lama setelah foto empat orang itu tersebar, Ozil mendapat kritikan dari publik Jerman. Kabarnya, DFB juga meminta penjelasan dari Ozil dan Gundogan soal pertemuan dengan Presiden Turki itu.

"Sangat disayangkan bila Mesut Ozil merasa tidak dilindungi sebagai sasaran rasialisme," sebut DFB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.