Sukses

MotoGP: Marquez Bikin Yamaha Paceklik Kemenangan

Kehebatan Marquez di lintasan MotoGP begitu sulit dikalahkan Yamaha.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2018 jadi momen yang sulit bagi para pembalap Yamaha. Hingga balapan paruh pertama berakhir, belum ada satupun podium juara yang didapat pembalap Yamaha. Itu juga berlaku untuk Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Ya, para pembalap Yamaha di MotoGP tengah dalam momen yang mengenaskan. Bagaimana tidak, mereka sudah melewati satu tahun tanpa meraih kemenangan. Tercatat, podium juara terakhir Yamaha dipersembahkan Rossi pada MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen.

Sejak itu, pencapaian terbaik para pembalap Yamaha hanya meraih podium kedua. Bahkan, situasi buruk itu berlanjut hingga musim ini di mana podium juara jadi barang mahal untuk para pembalap tim Garpu Tala.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keterpurukan Yamaha di MotoGP. Selain masalah ban dan elektronik, mereka juga kesulitan mengalahkan Marc Marquez, pembalap Repsol Honda, yang tampil dominan hampir di semua seri. Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco pun mengakui faktor kehebatan Marquez.

"Mengapa Yamaha tidak menang? Salah satu penjelasannya adalah Marquez. Saat ini ia adalah pembalap terkuat yang telah memenangkan banyak balapan. Ini adalah faktor yang mencegah kemenangan Yamaha," ujar Zarco, dikutip Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Tenang

Zarco sendiri jadi salah satu pembalap Yamaha yang mengalami keterpurukan di musim ini. Padahal, di musim lalu ia dinobatkan sebagai Rookie of the Year setelah finis di urutan keenam klasemen berkat raihan tiga podium.

Namun, sampai saat ini pembalap asal Prancis itu bisa bertahan di urutan kelima klasemen. Itu karena rapor Zarco masih terbilang konsisten. Dari sembilan balapan, ia sudah mengumpulkan dua podium kedua. Lima balapan lain juga dimaksimalkan dengan finis di 10 besar.

"Sulit bagi saya untuk menjelaskan. Namun, berkat pengalaman saya, saya bisa mengatakan bahwa setiap musim penuh dengan suka dan duka. Sekarang saya dalam momen kelabu. Dibandingkan musim lalu, bagaimanapun, saya senang jadi lebih lebih baik dalam mengelola saat-saat sulit ini dan meski memiliki kampanye yang sulit, saya masih ada di posisi kelima," beber Zarco.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 165

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 119

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 109

4. Andrea Dovizioso (Ducati) 88

5. Johann Zarco (Yamaha Tech 3) 88

6. Jorge Lorenzo (Ducati) 85

7. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 84

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 79

9. Andrea Iannone (Suzuki) 75

10. Jack Miller (Pramac Racing) 57

11. Alex Rins (Suzuki) 53

12. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 49

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 44

14. Pol Espargaro (KTM) 32

15. Tito Rabat (Avintia Racing) 30

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 22

17. Franco Morbidelli (Marc VDS) 19

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 16

19. Bradley Smith (KTM) 13

20. Scott Redding (Aprilia) 12

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

22. Mika Kalilo (KTM) 6

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 4

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25 Stefan Bradl (Marc VDDS) -

26. Xavier Simeon (Ducati) -

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.