Sukses

MotoGP: Resep Valentino Rossi Tampil Kompetitif di Usia Tua

Valentino Rossi mengungkap rahasia tetap hebat sebagai pembalap MotoGP.

Liputan6.com, Valentino Rossi memberikan bukti bahwa karier pembalap MotoGP tak ditentukan faktor usia. Menjelang usia 40 tahun itu, pembalap Movistar Yamaha itu masih mampu bersaing untuk meraih podium.

Di MotoGP 2018, Valentino Rossi membuktikan bahwa ia masih jadi salah satu pembalap yang harus diwaspadai. Meski tertinggal cukup jauh dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di klasemen, faktanya saat ini ia menduduki posisi kedua klasemen.

Terkini, ia mengakhiri balapan MotoGP Jerman 2018 di Sirkuit Sachsenring dengan menjadi runner-up. Balapan 30 lap itu diselesaikan The Doctor dengan selisih 2,196 detik dari The Baby Alien yang merebut podium juara.

Secara kseluruhan, sudah lima podium yang didapat Valentino Rossi sepanjang MotoGP 2018. Mengenai hal itu, pembalap berusia 39 tahun tersebut mengaku memiliki banyak motivasi untuk tetap tampil kompetitif di usia senja.

"Alberto Tebaldi (CEO Sky Racing RV46) memberi saya ide bahwa saya harus merasa 10 tahun lebih muda. Di usia 39, Anda bisa bahagia jika hanya mencapai posisi kelima," ujar Rossi, dikutip Tuttomotoriweb.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Fisik

Meski masih tampil kompetitif, harus diakui bahwa pembalap asal Italia itu kesulitan untuk kembali tampil sebagai juara dunia. Tercatat, terakhir kali Rossi meraih gelar juara dunia adalah musim 2009.

Padahal, Rossi sendiri menjadikan gelar juara dunia ke-10 sebagai target sebelum dirinya memutuskan pensiun. Jika melihat situasi saat ini, akan sulit bagi Rossi untuk mewujudkannya karena MotoGP kini sudah didominasi Marquez.

"Jika saya berpikir, bahkan ketika saya usia 22 tahun, saya akan memenangkan lebih banyak lagi. Sebenarnya saya sangat sehat secara fisik, saya menjalani kehidupan yang teratur dan banyak berlatih. Saya menyadari tahun lalu ketika kaki saya patah, waktu pemulihan saya lebih sedikit dibandingkan 10 tahun lalu saat mengalami cedera yang sama," Rossi menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Rossi di Semua Kelas

125 cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

 

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

 

MotoGP

Balapan: 314

Menang: 89

Podium: 196

Pole: 55

Fastest lap: 75

Poin: 5052

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.