3 Bintang Liga 1 yang Berpeluang Pindah Klub di Bursa Transfer Paruh Musim

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 17 Jul 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2018, 18:13 WIB
Atep

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar dua pekan lagi, bursa transfer paruh musim Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak bakal berakhir. Dibuka pada 5 Juli 2018, periode pendaftaran pemain akan selesai pada 2 Agustus mendatang.

Sriwijaya FC mendadak ramai diperbincangkan pada bursa transfer putatan kedua Liga 1 ini. Tim berjuluk Laskar Wong Kito itu resmi melepas delapan pemain. Dugaannya, Sriwijaya FC tengah mengalami krisis finansial.

Bak rezeki nomplok, Arema FC menjadi klub yang paling kecipratan keuntungan dari eksodus besar-besaran Sriwijaya FC. Tiga dari delapan pemain Laskar Wong Kito merapat ke Malang, yaitu, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, dan Makan Konate.

Manuver Arema FC tidak hanya mendatangkan pemain baru. Tim berjuluk Singo Edan tersebut juga cuci gudang dengan melepas delapan pemain, yang tiga di antaranya berstatus legiun impor; Balsa Bozovic, Thiago Furtuoso, Ahmet Atayew (asing), Syaiful Indra Cahya, Zaenuri, Junda Irawan, Tedi Heri, dan Joko Ribowo.

Pergerakan peserta Liga 1 di bursa transfer bakal mencapai klimaksnya jelang deadline penutupan pendaftaran pemain. Masih ada beberapa pilar berkualitas yang dihubung-hubungkan pindah klub pada periode ini.

Berikut Liputan6.com rangkum tiga pemain bintang yang berpeluang pindah klub:

2 of 4

Esteban Vizcarra (Sriwijaya FC) ke Persib

Sriwijaya
Pemain Sriwijaya FC merayakan gol yang dicetak oleh Esteban Vizcarra ke gawang PSMS Medan pada perebutan tempat ketiga Piala Presiden di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). PSMS kalah 0-4 dari Sriwijaya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Esteban Vizcarra telah membantah rumor yang muncul ke permukaan bahwa dirinya bakal bergabung dengan Persija Jakarta pada bursa transfer paruh musim. Winger berusia 32 tahun ini tidak termasuk ke dalam daftar delapan pemain yang didepak Sriwijaya FC.

Meski begitu, nama Vizcarra terus dikait-kaitkan dengan Persib Bandung. Manajemen Sriwijaya FC meminta transfer fee untuk setiap klub yang ingin meminang pemainnya, termasuk Vizcarra.

"Itulah industri sepak bola ya seperti itu. Ada transfer fee-nya. Jadi ada kalkulasinya. Ada hitung-hitungannya," ujar Asisten Manajer Sriwijaya FC, Achmad Haris ketika dihubungi Liputan6.com.

Rumor Persib tertarik dengan Vizcarra selalu menghiasi di setiap periode bursa transfer. Semenjak sang pemain masih membela Semen Padang, tidak pernah habis kaitan antara keduanya.

Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk Persib meminang Vizcarra. Selain kondisi Sriwijaya FC yang terus diterpa kabar kurang sedap, tim berjuluk Pangeran Biru itu membutuhkan tambahan kekuatan di sektor sayap untuk bersaing meraih gelar Liga 1 di musim ini.

Vizcarra menunjukkan performa memukau sejauh ini. Bertanding dalam 15 pertandingan, winger yang hobi menyisir dari sisi kiri tersebut telah mengukir enam gol.

3 of 4

Atep (Persib Bandung) ke PSIS Semarang

Atep
Atep (Liputan6.com/ Helmi Fithriansyah)

Bukan lagi jadi pilar inti Persib Bandung, Atep harus menerima kenyataan sebagai penghangat bangku cadangan. Padahal dalam beberapa musim belakangan, pemain berusia 33 tahun itu tak tersentuh di sisi kiri Persib.

Meski begitu, pesona Atep belum pudar. Eks pemain Persija Jakarta ini ditaksir oleh klub Liga 1 lainnya, PSIS Semarang.

Bahkan, PSIS telah mengajukan penawaran resmi ke Persib untuk menarik Atep. Tidak hanya itu, tim berjuluk Mahes Jenar tersebut juga membidik pemain Persib lainnya, Airlangga Sutjipto.

"Benar, kami sudah ajukan tawaran ke Persib untuk Atep dan Airlangga. Opsinya bisa peminjaman atau transfer penuh, tergantung keputusan manajemen sana," ujar CEO PSIS, Yoyok Sukawi.

Bersama Persib, Atep baru bermain empat kali di musim ini. Sedangkan Airlangga, sekali lebih banyak.

4 of 4

Marckho Meraudje (Sriwijaya FC) ke Persija Jakarta

Bek sayap kanan Sriwijaya FC, Marckho Meraudje.
Bek sayap kanan Sriwijaya FC, Marckho Meraudje. (instagram.com/marckhomeraudje).

Satu lagi pemain yang kemungkinan menyusul eksodus besar-besaran Sriwijaya FC. Dia adalah bek sayap kanan, Marckho Meraudje.

Mackho menjadi bidikan nomor satu Persija Jakarta di bursa transfer paruh musim. Kabarnya, pemain asal Papua itu bakal merapat ke ibu kota sesudah putaran pertama selesai.

Kepada Liputan6.com, Mackho mengaku telah mengajukan pengunduran diri dari Sriwijaya FC. "Saya pribadi mengundurkan diri dari Sriwijaya FC," imbuh Marckho.

Sementara itu, Sriwijaya FC meminta Persija untuk menaati proses transfer jika berminat mendatangkan Marckho. Pasalnya, jebolan PON Papua tersebut masih menyisakan kontrak di tim kebanggaan warga Palembang ini.

"Kalau mereka Persija yang datang ke kita, posisi pemain itu tidak kita lepas, memang ada mekanisme transfer. Artinya ada kompensasi," tutur Asisten Manajer Sriwijaya FC, Achmad Haris kepada Liputan6.com.

Marckho merupakan pemain kunci Sriwijaya FC di musim ini. Ia selalu bermain dalam setiap pertandingan dan mencetak dua gol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by