Sukses

Ganggu Final Piala Dunia 2018, Band Punk Pussy Riot Dihukum Penjara 15 Hari

Pussy Riot menerobos masuk ke lapangan pada final Piala Dunia 2018.

Moskow - Empat personel band punk Rusia, Pussy Riot bikin heboh di laga final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018). Mereka menerobos masuk ke lapangan saat laga Prancis vs Kroasia berlangsung.

Tingkah mereka pun jadi pembicaraan di mana-mana. Namun, nahas, kini mereka harus menerima sanksi hukuman dari pengadilan Moskow berupa kurungan penjara selama 15 hari.

Keempat anggota Pussy Riot tersebut adalah Veronika Nikulshina, Olga Pakhtusova, Olga Kurachyova, serta satu-satunya personel pria, Pyotr Verzilo.

Dalam laga yang dihelat di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB, nama-nama tersebut masuk ke lapangan pada awal babak kedua dan memakai seragam polisi Rusia.

Setelah sempat berlarian di antara pemain Prancis dan Kroasia, aksi keempatnya dapat dihentikan petugas keamanan. Laga kembali dilanjutkan dan akhirnya dimenangkan timnas Prancis dengan skor 4-2.

Satu di antara personel Pussy Riot, Olga Kurachyova, mengaku aksi tersebut untuk menyuarakan kebebasan berbicara dan mengutuk FIFA yang mendukung kepemimpinan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"FIFA kini teman kepala negara (Rusia) yang melakukan penindasan, serta juga melanggar hak asasi manusia," ujar Kurachyova.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ingin Ganggu

Kurachyova, bersama kawan-kawannya sebenarnya tak ingin mengganggu ajang final Piala Dunia 2018. Namun, mereka menganggap itu sebagai ajang yang tepat untuk menyuarakan maksud mereka.

"Sangat disayangkan kami mengganggu para olahragawan. FIFA terlibat dalam permainan yang tidak adil, sayangnya," lanjut Kurachyova.

 

3 dari 3 halaman

Protes Putin

Selain di final Piala Dunia 2018 , personel Pussy Riot juga pernah melakukan protes kepada Putin di sebuah gereja pada 2012. Alhasil, keempatnya pun harus mendekam di balik jeruji besi.

Sumber: Sky Sports

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.