Sukses

Juara Piala Dunia, Warga Prancis Larut Dalam Kegembiraan

Perayaan kemenangan Timnas Prancis pada Piala Dunia 2018 terjadi di seantero kota mulai dari Paris, Marseille, Lyon, hingga Lille.

Liputan6.com, Paris - Jutaan warga Prancis bersuka cita setelah tim nasional mereka memenangkan trofi Piala Dunia 2018 di Rusia. Skuat besutan Didier Deschamps itu menang 4-2 atas Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Perayaan kemenangan Timnas Prancis pada Piala Dunia 2018 terjadi di seantero kota mulai dari Paris, Marseille, Lyon, hingga Lille. Di Paris, sekitar 90 ribu orang menyaksikan siaran langsung bersama melalui layar besar di dekat Menara Eifel.

Kesemarakan terlihat dengan bunyi-bunyian klakson, kibaran bendera nasional, serta lautan massa dengan baju merah putih biru. Kembang api diluncurkan ke udara di tengah riuh suara klakson mobil untuk merayakan sukses Timnas Prancis meraih trofi Piala Dunia untuk kali kedua.

Pekik 'kami sang juara' terdengar mulai dari Sacre Coeur di utara Paris hingga Sorbonne. Suasana serupa juga terjadi Marseille, Lyon, Lille, Bordeaux, dan kota-kota lainnya di Prancis.

Bahkan sebelum wasit meniup peluit akhir tanda pertandingan final Piala Dunia usai, sekumpulan orang sudah berkumpul di Champs Elysee. Mereka bersiap menuju Arc de Triomphe, tempat yang biasa dipakai untuk perayaan besar, termasuk parade Hari Bastille sehari sebelumnya.

"Apa yang mereka lakukan luar biasa. Pogba, Mbappe, Grizou -- mereka terbaik dunia," kata Josh yang sengaja datang dari Inggris ke Paris.

Sekitar 250 ribu orang diperkirakan memenuhi Champs Elysees dan Place de la Concorde untuk merayakan kemenangan Paul Pogba dan kawan-kawan di Piala Dunia 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Moskow

Sementara itu di Moskow, di mana puluhan ribu warga Prancis datang untuk mendukung timnas mereka, rasa haru dan gembira berbaur di dalam lautan warga merah putih biru.

Presiden Prancis Emmanuel Macron bersama sang istri, Brigitte, datang langsung ke Moskow untuk mendukung pasukan Didier Deschamps. Ia memeluk para pemain setelah pertandingan final di Stadion Luzhniki.

3 dari 3 halaman

Prancis Juara

Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 pada partai final. Keempat gol Prancis dicetak melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic, Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe. Sedangkan Krosia hanya bisa membalas lewat Ivan Perisic dan Mandzukic.

Ini merupakan kali kedua Prancis memenangkan trofi Piala Dunia. Sebelumnya, mereka menjadi juara di Piala Dunia 1998 saat menjadi tuan rumah. Saat itu, Deschamps yang masih menjadi pemain membawa Prancis menang 3-0 atas Brasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.