Sukses

Atlet Triathlon Berbagi Ilmu dengan Komunitas

Triathlon menjadi salah satu olahraga yang favorit karena menggabungkan tiga olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Dua atlet triathlon nasional yang berpengalaman ikut event internasional, Andy Wibowo dan Fajar "Alexa" Arifan berbagi ilmu dengan beberapa komunitas lari dalam sebuah sharing session yang diprakarsai East Bali Cashew, produsen snack asal Bali. Kegiatan ini ditujukan untuk menambah ilmu bagi komunitas juga umum agar mencintai olahraga.

Bertempat di Alam Sutera, BSD City, Minggu (15/7/2018), Andy dan Fajar membagi ilmu mereka baik secara teknis latihan lari ataupun tentang tips menjaga pola makan yang sehat. Event ini juga dilengkapi dengan demonstrasi resep kreasi makanan sehat ala East Bali Cashew.

Triathlon sendiri merupakan cabang olahraga yang memadukan tiga cabang olahraga yaitu lari, bersepeda dan berenang. Andy Wibowo yang dulunya berawal sebagai perenang mengaku tiap-tiap orang punya kesulitan tersendiri saat mengikuti triathlon.

"Tiap-tiap orang beda kemampuannya. Kalau saya tentu lebih menguasai renang, meski untuk lari dan bersepeda pun tetap saya seriusi," ujar Andy kepada wartawan.

Sedangkan Fajar mengatakan, ketertarikannya terhadap triathlon karena tak sengaja. Bandnya, Alexa sempat disponsori produk lari dan itu memicunya untuk ikut olahraga.

"Sejak 2011 lalu, saya mulai geluti olahraga. Bahkan, saya baru bisa renang pada 2014 dan berlatih dengan mas Andy. Olahraga tidak selalu menjaga fisik tapi juga melatih mental," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Forsir Latihan

Fajar juga mengingatkan agar tidak memforsir latihan saat akan mengikuti lomba. Dia biasanya hanya melakukan latihan 85 persen saja.

"Jangan lupa juga dipadukan dengan istirahat yang cukup. Soalnya kalau diforsir juga tidak bagus juga," kata Fajar.

Fajar mengatakan, kesuksesan seorang atlet lari atau triathlon juga ditentukan oleh pola makan yang teratur. Eks drummer band Alexa ini mengajak komunitas untuk menjaga pola makan yang baik.

"Olahraga tak akan dijaga kalau makan tidak dijaga. Salah satu solusi untuk menjaga pola makan yang baik sehingga tidak berlemak ya dengan makan snack. Terkadang snack dianggap tidak sehat, padahal bisa jadi salah satu kunci dalam mengatur pola makan," katanya.

3 dari 3 halaman

Makanan Kaya Vitamin

Andy dan Fajar lalu memperlihatkan bagaimana cara mercaik makanan yang sehat, salah satunya dengan menggunakan produk dari East Bali Cashew seperti Cacao Cofee Cashews, Sea Salt Cashew Salad Dressing dan Cacao Cashews Butter.

"Makanan-makanan ini kaya dengan vitamin dan bisa membuat Anda kenyang dalam waktu cukup lama," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.