Piala AFF U-19: Egy Maulana Siap Bela Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 14 Jul 2018, 13:00 WIB
Aksi Egy Maulana Vikri Bikin Masuk Daftar 60 Talenta Muda Terbaik Dunia

Liputan6.com, Sidoarjo - Egy Maulana siap memperkuat Timnas Indonesia U-19 kala menghadapi Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) dalam perebutan posisi ketiga Piala AFF U-19.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memastikan Egy Maulana siap tempur. Padahal, di babak semifinal Piala AFF U-19, ketika kalah dari Malaysia, Egy Maulana sering mendapat perawatan tim medis.

Dalam laga yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar tersebut, Egy Maulana sudah menunjukkan tanda-tanda kurang fit pada sepuluh menit awal babak pertama. Dia mengerang kesakitan setelah berduel dengan pemain belakang Malaysia.

"(Egy) bisa main," kata pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Sementara itu, dokter Timnas Indonesia U-19, Ifran Akhmad, mengatakan, kondisi Egy Maulana masih jetlag saat menghadapi Malaysia.

"Egy tak ada masalah sebenarnya. Mungkin karena masih sedikit jetlag jadi kemarin karena aklimatisasi cuacanya masih belum maksimal. Hanya bermaslah di situ sebenarnya," ucapnya.

2 of 3

Pengaruh Otot

Egy Maulana
Egy Maulana (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, otot Egy Maulana juga mempengaruhi tak maksimalnya penampilan striker Lechia Gdansk di babak semifinal.

"Pasti berpengaruh sama otot. Ketika oksigen berkurang otomatis ototnya mengalami cepat kelelahan karena oksigen untuk memperingan kinerja otot," ujar Irfan menjelaskan.

 

3 of 3

Recovery

Irfan juga menyebut Egy Maulana tak membutuhkan waktu lama untuk recovery. Jam terbang pemain berusia 18 tahun itu sudah berbeda dengan pemain Garuda Nusantara lainnya.

"Sebenarnya minimal tiga hari paling cepat itupun tergantung jam terbang seseorang kalau sering keluar negeri segala macam mungkin adaptasinya lebih cepat. Tapi kondisi terakhir saya rasa dia siap-siap saja tapi untuk pulih seratus persen belum," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓