Final Piala Dunia 2018 Prancis Vs Kroasia Jadi Kemenangan Nike

Oleh Windi.Wicaksono pada 13 Jul 2018, 20:50 WIB
Diperbarui 15 Jul 2018, 20:13 WIB
Prediksi Prancis vs Kroasia

Liputan6.com, Moskow - Final Piala Dunia 2018 mempertemukan Prancis kontra Kroasia. Siapapun yang menang pada laga nanti, apparel olahraga asal Amerika Serikat, Nike yang tersenyum.

Seperti diketahui, Prancis dan Kroasia adalah dua tim yang disponsori Nike. Torehan tersebut tentu menjadi prestasi tersendiri bagi apparel dengan logo centang ini.

Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah, Nike menyediakan perlengkapan untuk dua tim yang berlaga di final Piala Dunia. Pencapaian Prancis dan Kroasia jadi sukses untuk Nike.

Yang menarik, penyelenggara Piala Dunia, FIFA, malah bekerjasama dengan saingan Nike, Adidas. Pertemuan Prancis dan Kroasia di final tentu merupakan kemenangan telak bagi Nike.

"Kami sudah memiliki tiga dari empat tim yang masuk semifinal dan kemudian dua tim kami mencapai putaran final, yang merupakan pertama kalinya bagi Nike," jelas Presiden Nike bidang konsumen dan pasar, Elliot Hill, seperti dilansir Reuters.

2 dari 3 halaman

Kalahkan Adidas

Prediksi Prancis vs Kroasia
Prancis vs Kroasia (Liputan6.com/Abdillah)

"Kami sudah bermain sepak bola selama lebih dari 20 tahun, dan ini adalah pertama kalinya kami mendapatkan final sesama Nike dengan kedua tim memakai produk Nike," tambahnya.

Dari semifinalis di Piala Dunia 2018, tiga di antaranya disponsori Nike yakni Prancis, Kroasia, dan Inggris. Satu tim lainnya, Belgia, disponsori Adidas, apparel olahraga asal Jerman.

Adidas sendiri mensponsori 12 dari 32 tim di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Sementara Nike hanya mensponsori 10 tim.

Namun, salah satu klien Adidas yang paling diunggulkan, Jerman, harus tersingkir di awal pada babak penyisihan grup. Sementara delapan tim lainnya melaju ke babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Sukses Besar

Kroasia Lolos ke Final Piala Dunia
Penyerang timnas Kroasia, Mario Mandzukic mencetak gol ke gawang Inggris pada babak semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7). Kroasia menembus final usai menyingkirkan Inggris 2-1 lewat perpanjangan waktu. (AP/Frank Augstein)

"Selain kit (kostum), kami telah sukses besar dengan para pemain kami," ujar Hill.

"Kami memiliki lebih dari 65 persen atlet yang memakai sepatu bola Nike. Itu lebih dari gabungan semua merek lainnya. Jadi ini adalah Piala Dunia yang sangat sukses bagi kami, di dalam dan di luar lapangan," ungkapnya.

Dari produsen lain, Puma menyediakan kit untuk empat tim. New Balance sponsori dua tim, dan Errea, Hummel, Uhlsport, dan Umbro masing-masing jadi sponsor untuk satu tim.

Lanjutkan Membaca ↓