Sukses

Asian Games 2018: Cabor Sepak Bola Berpotensi Drawing Ulang

Inasgoc mengajukan keberatan terkait permintaan undian ulang sepak bola putra Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Drawing atau undian untuk menentukan grup pada babak penyisihan cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 berpotensi diualang. Pemicunya, protes yang dilayangkan Uni Emirat Arab (UEA) dan Palestina kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Kedua negara protes karena tidak ada dalam daftar peserta. "Saya sangat terkejut saat UEA tidak ikut undian tim yang ikut serta. Kejadian ini ternyata juga dialami Palestina," kata Ketua Komite Olimpiade UEA, Ahmed Al Tayeb, dikutip dari Inside The Game.

Sebelumnya, undian sepak bola Asian Games 2018 telah dilakukan di JS Luwansa & Convention Center, pada 5 Juli 2018. Dalam undian tersebut, Timnas Indonesia U-23 masih kelompok yang terbilang enteng.

Untuk tim putri, Indonesia masuk Grup A yang dihuni Korea Selatan, Taiwan, dan Maldive. Sedangkan tim putra bergabung dengan Hong Kong, Laos, dan Taiwan.

Namun hingga saat ini, hasil undian tim putra belum disahkan Komite Olimpiade Asia (OCA). Berbeda dengan sepak bola putri yang sudah mendapat persetujuan dari OCA.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penolakan Inasgoc

Permasalahan itu tak dibantah Ketua Inasgoc, Erick Thohir. Saat dikonfirmasi wartawan di Wisma Serba Guna Senayan, Kamis (12/7/2018), Presiden Inter Milan itu membenarkan adanya permintaan mengenai undian ulang sepak bola putra Asian Games 2018.

Namun Erick menegaskan, pihaknya tidak akan menyetujuinya. Dia berharap, drawing ulang hanya dilakukan pada pool yang melibatkan UEA dan Palestina saja. 

"Kalau drawing sepak bola AFC meminta ada drawing ulang karena UEA dan Palestina mau ikut. Kami dari panitia sekarang bilang ke AFC kita tidak mau drawing. Kalau mereka mau masuk, ya drawing di pool nya saja, bukan drawing total. Tapi kan memang yang menentukan AFC. Tapi kita berjuang dulu lah buat Indonesia," ujar Erick.

3 dari 3 halaman

Keputusan di Tangan AFC

Sebanyak 24 tim bakal berpartisipasi pada cabang olahraga sepak bola pada Asian Games 2018. Negara-negara ini dibagi ke dalam enam grup itu diisi masing-masing empat tim.

"Jadi pertama AFC memberikan pernyataan, lalu kami menjawabnya," kata Erick.

"Jawaban saya kirim kemarin yang meminta agar tak perlu ada drawing ulang sekaligus memberikan alternatif drawing. Keputusan final memang ada AFC, kami ingin jadi tuan rumah yang baik, tapi kita berusaha lebih dulu," ujar Erick menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.