Pemenang dan Pecundang Terkait Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 11 Jul 2018, 22:05 WIB
Cristiano Ronaldo

Jakarta - Real Madrid sepakat melepas Cristiano Ronaldo ke Juventus pada Selasa (10/7/2018) waktu setempat. Ronaldo akan membela Juve hingga 30 Juni 2022. 

Juventus diberitakan harus merogoh kocek sebesar 105 juta euro (setara Rp 1,76 triliun) untuk memboyong eks pemain Manchester United tersebut ke Turin. Ronaldo bakal mengantongi gaji sebanyak 30 juta euro (Rp 504,21 miliar) per musim dari I Bianconeri.

Kehadiran Ronaldo disambut hangkat seluruh elemen Juventus. Paulo Dybala dan Sami Khedira sudah memberikan selamat atas kedatangan peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut.

Saga transfer Ronaldo memberikan banyak keuntungan. Juventus adalah salah satu elemen yang bakal merasakan banyak manfaat dengan kehadiran sosok berusia 33 tahun tersebut.

Akan tetapi, di balik pemenang tentunya juga adah pihak yang jadi pecundang. Berikut ini Bola.com akan menjabarkan siapa saja sosok yang menuai keuntungan dan kerugian dari transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus.

 

2 of 9

Pemenang

3 of 9

Cristiano Ronaldo

FOTO: Momen Indah Kebersamaan Cristiano Ronaldo dengan Real Madrid
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, saat diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa (6/7/2018). CR 7 mengakhiri kebersamaan sembilan tahun bersama Madrid untuk hijrah ke Juventus. (AFP/Dani Pozo)

Ronaldo adalah sosok pertama yang menjadi pemenang dalam transfer ini. Dia yang telah berusia 33 tahun, meninggalkan Real Madrid dengan latar performa puncak dan kejayaan.

Rekor demi rekor dipecahkan Ronaldo selama memperkuat Real Madrid di Liga Champions musim 2017-2018. Kinerja impresif membuat Juventus tidak ragu memboyong serta menggaji bintang Portugal itu dengan nilai fantastis.

 

4 of 9

Serie A dan Juventus

Juventus
Logo baru Juventus

Popularitas Ronaldo akan berdampak positif bagi Serie A dan Juventus. Liga kasta tertinggi di Italia itu akan mengalami peningkatan citra dan gengsi karena kehadiran salah satu pemain terbaik dalam satu dekade terakhir itu.

Juventus juga bakal mengalami profit jika berkaca dari tingginya animo publik turin dan para suporter di seluruh dunia. Buktinya, belum genap sepekan, kostum Ronaldo sudah laris diburu para penggemar.

Para sponsor kelas kekap juga disinyalir bakal menghampiri Juventus karena Ronaldo. Bahkan, menurut media-media Italia, Ferrari akan mengambil alih sponsor di dada jersey I Bianconeri dari Jeep dengan harga fantastis.

Pabrikan otomotif asal Italia itu juga disebut akan menggaji Ronaldo selama berkostum Juventus.

 

5 of 9

Gareth Bale

Gareth Bale
Penyerang Real Madrid, Gareth Bale (AP/Efrem Lukatsky)

Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2013, Bale selalu ada di balik bayang-bayang Ronaldo. Sang pemain seakan ditugasi untuk "melayani" Ronaldo dalam setiap pertandingan.

Situasi itu membuat Bale kabarnya tidak kerasan dan ingin hengkang dari Real Madrid. Namun, sang pemain kemungkinan mengurungkan niatnya setelah kepergian Ronaldo.

Bale mendapat angin segar karena Ronaldo yang kerap mendominasi telah hijrah dari Real Madrid. Penyerang Wales itu diprediksi menjadi tumpuan utama Los Blancos di lini serang pada musim depan.

 

6 of 9

Real Madrid

Logo Real Madrid
Logo Real Madrid (Ist)

Tidak bisa dipungkiri Real Madrid juga menjadi pihak yang menuai keuntungan besar dalam transfer ini. Manajemen El Real mendapat profit maksimal selama sembilan musim CR7 berkostum Los Blancos.

Berbagai gelar juara dipersembahkan Ronaldo untuk Real Madrid, antara lain empat trofi Liga Champions, dua La Liga, tiga Piala Dunia Antarklub, hingga tiga Piala Super Eropa.

Selain itu, Real Madrid juga mendapat dana besar dari transfer Ronaldo. Padahal, sang pemain kemungkinan bisa lepas secara cuma-cuma karena telah menginjak usia senja di kalangan para pesepak bola.

Real Madrid lantas bisa menggunakan uang transfer Ronaldo untuk membeli pemain berkelas lainnya. Saat ini, Eden Hazard, Neymar, dan Kylian Mbappe, adalah para sosok yang santer bakal berlabuh ke Santiago Bernabeu.

 

7 of 9

Pecundang

8 of 9

La Liga

Logo La Liga
Logo La Liga (Istimewa)

Ronaldo merupakan salah satu elemen yang mendongkrak popularitas La Liga dalam satu dekade terakhir. Rivalitasnya dengan bintang Barcelona, Lionel Messi, membuat kompetisi kasta teratas Spanyol itu selalu dinanti.

Akan tetapi, semua hal positif itu sudah berakhir. Era baru telah dimulai karena satu di antara pemain terbaik telah hengkang dari La Liga. Menarik untuk dinanti apakah kehadiran bintang anyar bisa semakin mengangkat popularitas La Liga atau justu sebaliknya.

 

9 of 9

Gonzalo Higuain

Juventus, Inter Milan, Serie A
Striker Juventus, Gonzalo Higuain (kiri). (AP/Matteo Bazzi)

Tidak lama setelah kembali dari Piala Dunia 2018, Higuain sudah dikaitkan kepindahannya dari Juventus. Pihak klub dikabarkan ingin mencoba mengurangi beban gaji untuk Cristiano Ronaldo.

Setelah kedatangan Ronaldo, lini depan Juventus menjadi menumpuk. Mantan pemain Real Madrid dan Napoli itu disebut bakal menjadi pemain pertama yang dikorbankan.

Stephan Lichtsteiner, Gianluigi Buffon, dan Kwadwo Asamoah sudah pergi untuk mengurangi beban gaji secara signifikan. Miralem Pjanic atau Paulo Dybala juga disebut bakal menyusul langkah ketiga rekannya tersebut, tetapi kemungkinan besar yang harus pergi adalah Higuain.

Sumber: FoxSport

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓