Indra Sjafri: Timnas Indonesia U-19 Sekarang Berbeda dengan 2013

Oleh Bogi Triyadi pada 10 Jul 2018, 22:30 WIB
Jelang Lawan Korsel, Timnas Indonesia U-19 Gelar Latihan Ringan

Liputan6.com, Sidoarjo - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan skuatnya kini berbeda dengan tim asuhannya pada 2013 lalu. Saat itu, ia memiliki pemain-pemain seperti Evan Dimas, Maldini Pali, dan Ilham Udin.

Indra mengungkapkan Timnas Indonesia U-19 kini didominasi para pesepak bola yang merumput di Liga 1 2018. Hal itu tidak terjadi pada 2013 lalu, di mana Evan Dimas dan kawan-kawan menjadi juara Piala AFF U-19.

"Kenapa waktu itu kita pakai pemusatan latihan jangka panjang, karena saat itu pemain tidak punya wadah kompetisi. Kalau sekarang kita tertolong dengan pemain yang bermain di kompetisi," ujar Indra di Sidoarjo, Selasa (10/7/2018).

Pemain Timnas Indonesia U-19 yang berkompetisi di Liga 1 di antaranya Saddil Ramdani (Persela Lamongan), Hanis Saghara (Bali United), Muhammad Rafli Mursalim (Mitra Kukar), Muhammad Luthfi Kamal (Mitra Kukar), Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC), Asnawi Mangkualam (PSM Makassar), Firza Andika (PSMS), dan Rifad Marasabessy (Madura United).

2 of 3

Berkembang Pesat

Ditantang Jepang U-19, Timnas Indonesia U-19 Gelar Latihan Malam
Pemain Timnas Indonesia U-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), selaku operator Liga 1, turut senang dan bangga dengan kondisi tersebut. CEO PT LIB Risha Adi Wijaya menyatakan itu tak lepas dari keberanian tim-tim Liga 1 2018 yang menurunkan pemain muda.

"Mental dan kemampuan teknik pemain-pemain muda itu telah berkembang dengan pesat," kata Risha.

3 of 3

Lawan Malaysia

Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal sebagai runner up grup A pada ajang yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini. Di final, mereka akan menghadapi juara grup B, Malaysia.

Laga ini akan digelar di Stadion Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018). Di semifinal lainnya, Thailand akan bertemu Myanmar. (Ant)

Lanjutkan Membaca ↓