Sukses

MU Undang 12 Pemain dan 1 Pelatih yang Terjebak di Gua Thailand

Sebanyak 12 anggota tim sepak bola remaja Wild Boars (Mu Pa) dan satu pelatih yang terjebak di Gua Tham Luang, Provinsi Chiang Rai, telah berhasil dievakuasi keluar.

Manchester - Kabar gembira datang dari Thailand. Sebanyak 12 anggota tim sepak bola remaja Wild Boars (Mu Pa) dan satu ppelatih yang terjebak di Gua Tham Luang, Provinsi Chiang Rai, telah berhasil dievakuasi keluar, Selasa (10/7/2018). Kabar menggembirakan itu mendapat sambutan dari berbagai penjuru dunia, termasuk Manchester United. 

Tak lama setelah 13 orang berhasil dievakuasi, MU melalui akun Twitter klub menyatakan akan mengundang mereka berkunjung ke Stadion Old Trafford. Undangan juga berlaku untuk para pihak yang terlibat dalam operasi penyelamatan. 

"MUFC lega mengetahui 12 pesepak bola dan pelatih mereka yang terjebak di gua di Thailand sekarang selamat. Pikiran dan doa kami bersama mereka yang terpengaruh peristiwa tersebut. Kami dengan senang hati akan menyambut tim dari Wild Boars Football Club dan para penyelamat di Old Trafford pada musim mendatang."

Tragedi Goa Tham Luang terjadi pada 23 Juni 2018. Operasi penyelamatan baru dimulai pada Minggu (8/7/2018) dan dilakukan secara bertahap. Penyelamatan ini melibatkan lebih dari 1.000 orang dari 18 negara.

Proses evakuasi menyedot perhatian karena dianggap sulit dan berbahaya. Kontur gua licin, rumit, dan diperparah dengan faktor cuaca yang tak menentu. Seorang penyelam yang merupakan mantan anggota SEAL, Saman Kuman, tewas dalam operasi penyelamatan, Jumat (6/7/2018). 

Setelah berlangsung selama tiga hari, Tim SEAL Angkatan Laut Thailand mengonfirmasi seluruh anggota tim sepak bola yang terjebak di gua selama dua pekan itu berhasil dikeluarkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.