Sukses

3 Kali Melatih, Rahmad Darmawan Masih Ingat dengan Persija

Rahmad Darmawan pernah tiga kali melatih Persija.

Liputan6.com, Palembang - Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, masih ingat seluk beluk Persija Jakarta jelang pertemuan kedua tim pada pekan ke-15 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Selasa (10/7/2018). Maklum, arsitek yang karib dipanggil RD itu pernah tiga kali menangani tim ibu kota.

Tiga periode RD melatih Persija hadir pada musim 2006, 2010/11, dan 2015. Jumlah tersebut membuat Persija menjadi tim yang paling sering disinggahi RD sebagai pelatih.

"Saya masih ingat dengan tim ini karena pernah kerja sama dengan mereka. Artinya cara permainannya tetap konsiten. Tapi kita tetap waspada dengan penambahan pemain Persija," ujar RD pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Keberadaan dua pemain baru di tubuh Persija dapat perhatian besar dari RD. Pada bursa transfer paruh musim kompetisi yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar ini, tim berjuluk Macan Kemayoran itu mendaftarkan Ivan Carlos dan Osas Saha.

"Ada Osas Saha dan Ivan Carlos dan saya lihat keduanya sudah bermain saat lawan PSM (Makassar). Maka dari itu kita harus ekstra waspada," kata RD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puji Persija

RD menilai Persija sebagai tim yang berkualitas mengingat pencapaian dalam setahun belakangan. Finish di peringkat keempat pada musim lalu, Macan Kemayoran menyegel satu tiket ke Piala AFC 2018.

Mantan pelatih Persipura Jayapura ini memuji cara kerja pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, yang dianggapnya dapat mengolah timnya dengan baik. RD melihat Macan Kemayoran tidak banyak melakukan perubahan signifikan di musim ini, namun tetap konsisten sebagai penantang gelar.

"Saya pikir Persija memiliki kekuatan yang sangat baik. Kenapa? Tim ini tidak banyak perubahan. Tim ini dengan pelatih yang sama dengan cara bermain yang sama. Bahkan ada beberapa pemain Persija yang sudah puluhan tahun (bertahan)," imbuh RD.

3 dari 3 halaman

Motivasi Besar

Sriwijaya FC kini berada di peringkat ke-3 dengan 22 poin dari 14 partai. Kekalahan dari Persija akan membuat tim berjuluk  Laskar Wong Kito itu digusur lawannya di klasemen sementara.

"Kita punya motivasi sama dengan Persija. Persija tentunya punya keinginan melewati kita di klasemen tapi kita tentunya punya motivasi juga lawan-lawan yang ada di atas kita. Pastinya visi misinya sama namun kita juga ingin baik dalam penampilan sekaligus kita juga ingin memperbaiki rangking kita pada saat akhir nanti kita ingin yang terbaik," tutur RD.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.