Luis Enrique Resmi Ditunjuk Tangani Timnas Spanyol

Oleh Yus Mei Sawitri pada 09 Jul 2018, 19:36 WIB
Luis Enrique

Madrid - Luis Enrique resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Tim Matador, Senin (9/7/2018). Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengikat mantan pelatih Barcelona itu dengan kontrak berdurasi dua tahun. 

RFEF berburu pelatih baru sejak memecat Julen Lopetegui beberapa hari menjelang perhelatan Piala Dunia 2018. Lopetegui didepak karena menerima pinangan Real Madrid padahal masih terikat kontrak dengan tim nasional. 

Timnas Spanyol akhirnya ditangani pelatih interim, Fernando Hierro, sepanjang berlaga di Piala Dunia 2018. Langkah Spanyol terhenti di babak 16 besar setelah kalah adu penalti dari Rusia. Hierro kemudian meletakkan jabatannya. 

Enrique belum kembali ke lapangan hijau sejak meninggalkan Barcelona pada Mei 2017. Dia sempat dikabarkan jadi bidikan Paris Saint-German dan Chelsea. 

"Keputusan ini (mengangkat Enrique) telah disetujui secara bulat oleh komite eksekutif RFEF. Kami menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih tim nasional untuk dua tahun ke depan," kata Presiden RFEF, Luis Rubiales, pada konferensi pers di kantor pusat federasi di Las Rozas, Madrid, seperti dilansir ESPN

"Terjadi kesepakatan total. Luis Enrique mendapat tawaran lebih besar, tapi ingin menjadi pelatih tim nasional. Saya ingin  menyoroti pengorbanan yang dilakukannya. Dia akan diperkenalkan pada pekan depan," sambung Rubiales. 

 

 

2 of 2

Pilihan Pertama

Sebelumnya, Roberto Martinez (pelatih Belgia) dan Quique Sanchez Flores sempat dikabarkan menjadi kandidat yang dipertimbangkan RFEF. Namun, Luis Enriquez merupakan menjadi prioritas utama karena dianggap sebagai pelatih yang sukses dan pemimpin yang tangguh. 

"Kami tak berbicara dengan orang lain. Kami hanya berbicara dengan Luis Enrique. Dia pilihan pertama kami. Dia sangat cocok dengan apa yang kami inginkan," ujar Rubiales. 

Pria berusia 48 tahun tersebut membawa Barcelona meraih sembilan gelar selama tiga musim kariernya di Nou Camp. Salah satu prestasi istimewanya mengantar Barca merengkuh treble winner pada musim pertamanya di sana. Dia juga pernah menangani AS Roma, Celta Vigo, dan tim cadangan Barcelona.  

Enriquez juga menikmati kesuksesan saat menjadi pemain. Dia pernah merumput bersama Real Madrid dan Barcelona. 

Di Timnas Spanyol, Luis Enrique mencatat 62 caps, dengan torehan 12 gol. Dia menjadi anggota skuat yang memenangi medali emas Olimpiade 1992, serta tiga kali berpartisipasi di Piala Dunia dan sekali pada Piala Eropa 1996.  

Lanjutkan Membaca ↓