Sukses

Lolos Semifinal Piala AFF, Pemain Timnas U-19 Tidur Nyenyak

Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19.

Liputan6.com, Sidoarjo - Para pemain Timnas Indonesia U-19 dapat menikmati tidur dengan nyenyak. Pasalnya, kemenangan melawan Vietnam pada babak penyisihan Grup A membuat pasukan Indra Sjafri ini berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2018.

Timnas Indonesia U-19 kini memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 12 poin dari empat partai. Tinggal menyisakan satu pertandingan, angka yang diraih skuat berjuluk Garuda Nusantara itu tidak mungkin dikejar tim peringkat ketiga, Vietnam yang mengoleksi tujuh poin.

Pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Vietnam adalah Muhammad Rafli Mursalim. Sepakannya di menit ke-80 membuat seluruh penonton yang hadir di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018), bergemuruh.

"Hasil ini sangat penting untuk kami. Sekarang semua pemain bisa tidur dengan nyenyak. Kami memetik pelajaran baru, pemain tidak boleh pantang menyerah untuk terus mencetak gol," ujar pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Sepanjang pertandingan, Vietnam memaksa Timnas Indonesia U-19 untuk bekerja keras. Beruntung, aksi individual Todd Rivaldo Verre mampu memecah kebuntuan Garuda Nusantara. Setelah meliuk-liuk melewati beberapa pemain lawan, pemain Persipura Jayapura itu lalu melepaskan tendangan keras yang mengenai mistar gawang. Bola muntah kemudian disambar Rafli yang berhasil merobek gawang Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Suporter

Indra menyatakan, dukungan suporter turut berperan dalam keberhasilan Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19. Dalam empat partai, termasuk melawan Vietnam, puluhan ribu pendukung selalu memerah-putihkan Gelora Delta.

"Kami bermain dengan hati dan mendapat dukungan penuh dari suporter. Ini sangat penting buat untuk meneruskan perjalanan di turnamen ini," kata Indra.

3 dari 3 halaman

Jadwal Berikutnya

Di partai terakhir Grup A, Timnas Indonesia U-19 akan bertemu Thailand, masih di lokasi yang sama, pada Senin (9/7/2018). Partai ini tidak menentukan lagi untuk Garuda Nusantara, tapi amat penting untuk Thailand yang membutuhkan minimal hasil imbang untuk melaju ke babak semifinal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.